Spionase-news.com,–Baubau– Baubau merupakan salah kota terbesar dan terpadat yang berada di wilayah kepuluan Buton di provinsi Sulawesi Tenggara, dengan total jumlah penduduknya yang ±154.027 Jiwa dengan luas daerah 306 Km² menjadikan Baubau sebagai pusat perekonomian di wilayah sekitar kepulauan Buton .03/07/2018

BPJS Kesehatan Cabang Baubau berkomitmen penuh untuk tercapainya Universal Health Coverage khususnya di Kota Baubau , salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan metode canvassing yang dimana langsung turun ke lapangan untuk memberikan advokasi tentang kewajiban Pemberi Kerja untuk mendaftarkan seluruh karyawan/pekerja beserta keluarga untuk menjadi peserta JKN KIS.

“Canvassing merupakan Strategi perluasan peserta khususnya kepada Segmen Peserta Penerima Upah (PPU) Badan Usaha, yang dimana dimulai dari pemetaan badan usaha yang berada di wilayah/area terkecil (kelurahan,kecamatan), setelah mendapatkan data potensi peserta tersebut dilanjutkan dengan kegiatan perluasan peserta yang terintegrasi dengan kegiatan kepatuhan bagi badan usaha yang tidak melaksanakan kewajibannya, Ungkap Plh Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan , Rachmah Islami.

Dengan metode canvassing ini, potensi peserta yang tersebar di seluruh wilayah kota Baubau khususnya kepada peserta yang berasal dari Badan Usaha Menengah dan Kecil dapat di daftarkan sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Iindonesia Sehat.

Melalui metode ini pula Badan usaha bisa mendapatkan informasi maupun edukasi langsung dari BPJS Kesehatan tentang keuntungan dan pentingnya program JKN KIS ini bagi badan usaha maupun pekerjanya.

Disetiap canvassing tidak lupa pula di informasikan perihal Aplikasi Mobile JKN yang dapat di download oleh peserta JKN KIS di Android melalui Playstore maupun di IOS melalui App Store.

Dimana Aplikasi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan akses kepada peserta JKN KIS untuk mengetahui mengenai program tersebut.

Kegiatan canvassing yang yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Baubau adalah dengan mengunjungi minimal 5 Badan Usaha Perhari, Badan Usaha yang dikunjungi adalah Badan Usaha yang belum terdaftar menjadi Peserta JKN –KIS BPJS Kesehatan.

sehingga harapannya jika kegiatan canvassing ini terus dilakukan dapat signifikan dalam penambahan Jumlah Peserta di kantor Cabang Baubau untuk mewujudkan Universal Health Coverage tahun 2019.

Laporan : HI 008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 3 =