SPIONASE-NEWS.COM-MAKASSAR-
Kantor BKKBN mengadakan pointer Konferensi Pers hari Jumat 3/08 di Aula kantor BKKBN jalan.A.P.Pettarani

Kepala Perwakilan BKKBN Arini Riatika menjelaskan pentingnya keluarga dalam rumah tangga maka setiap tahun di rayakan Hari Keluarga Nasional dan tahun ini akan beranjuk

Tema Hari Keluarga Nasional XXI tahun 2018 yaitu “Hari Keluarga : Hari Kita semua” dan tagline “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”

Peringatan Hari Keluarga Nasional XXI tahun 2018 dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat pentingnya cinta dalam keluarga dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga.

Cinta terencana merupakan proses aktualisasi diri yang mendorong perilaku menjadi positif, responsif, kreatif, produktif dan berorientasi pada masa depan dalam membangun keluarga yang berkualitas.

Tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional dan bukan hari libur berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 39 tahun 2014, Tujuannya untuk mengingatkan masyarakat agar sadar dan memahami bahwa keluarga merupakan basis atau awal dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta mengingatkan bahwa keluarga merupakan pondasi utama dalam membangun dan mensejahterahkan bangsa.

Melalui peringatan Hari Keluarga Nasional, BKKBN berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai kehidupan berbangsa bagi anggota keluarga sejak dini, dimana keluarga yang tangguh dan berkualitas akan menjadi sumber kekuatan dalam membangun bangsa dan negara.

Ada empat hal yang dapat dilakukan oleh setiap keluarga dalam memperingati Hari Keluarga Nasional yaitu :

Pertama Keluarga Berkumpul, dimana setiap anggota keluarga meluangkan waktu bersama anggota keluarga lainnya tanpa disibukkan dengan gadget, televisi, atau alat elektronik lainnya.

Kedua Keluarga Berinteraksi, dengan meluangkan waktu berkumpul dan saling bercengkrama, serta saling tukar pengalaman dengan komunikasi yang lebih berkualitas.

Ketiga Keluarga Berdaya, di mana keluarga mampu memanfaatkan potensi yang dimilikinya untuk membuat diri dan keluarganya tidak bergantung pada pihak lain.

Keempat Keluarga Peduli dan Berbagi, di mana keluarga yang mampu dan lebih beruntung mempunyai kepedulian dan keinginan untuk berbagi dan menolong orang lain

Melalui momentum peringatan Hari Keluarga Nasional, diharapkan setiap anggota keluarga mampu menjalankan peran masing-masing anggotanya dengan menanamkan 8 (delapan) fungsi keluarga (agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan lingkungan) guna mewujudkan keluarga yang berkualitas dan berketahanan.

Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional XXV tahun 2018 tingkat nasional diselenggarakan di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, pada 7 Juli 2018 dihadiri 34 provinsi se-Indonesia dan mitra kerja terkait.

Dalam menyemarakkan peringatan Hari Keluarga Nasional, Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan telah melakukan sejumlah kegiatan yaitu :

Kegiatan senam dan flash move bersama Forum Genre Sulawesi Selatan di Taman Pakui Sayang;

Talkshow dengan tema Hari Keluarga Nasional di televisi dan radio lokal;

Lomba penulisan dalam rangka Hari Keluarga Nasional.

Kunjungan ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia bersama Forum Genre Sulawesi Selatan;

Sosialisasi melalui media luar ruang dan branding kendaraan;

Sedangkan agenda kegiatan yang akan dilaksanakan kedepan dalam menyemarakkan peringatan Hari Keluarga Nasional yaitu :

Pertandingan olahraga dan seni antar pengelola Program KKBPK dari 24 kabupaten/kota dan provinsi (Bola Volly, Tennis Meja, Lomba Menyanyi Solo, Lomba Yel-Yel KKBPK) tanggal 4 – 5 Agustus 2018

Kegiatan Senam Sehat Keluarga Indonesia di Car Freeday Jalan Boulevard, Panakukang, tanggal 5 Agustus 2018 ;

Puncak Peringatan Hari keluarga nasional XXI yang dirangkaiakan dengan Pencanangan Baksos TNI KB – Kesehatan dan Bhayangkara KB – Kesehatan di Taman Pakui Sayang tanggal 6 Agustus 2018.

Laporan : Agen 008 HI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one + 11 =