SPIONASE-NEWS.COM-TORUT- Pemkab Toraja Utara melalui Dinas Pertanian melakukan pembenahan dan kebersihan fasilitas pasar hewan Bolu yang terletak di Kecamatan Tallunglipu.

Pembenahan halaman dan pembersihan kotoran Ternak Kerbau yang dihasilkan 4 Ton dalam setiap hari yang ada di pasar hewan bolu, dimulai dengan pembersihan kotoran ternak kerbau yang akan dibawa kelahan perkebunan masyarakat yang membutuhkan untuk digunakan sebagai pupuk kandang.

Demikian dikatakan kepala Dinas Pertanian Toraja Utara, Daud Pongsapan diruang kerjanya Jumat (10/8), menuturkan pihaknya telah melakukan pembenahan dan pembersihan fasilitas pasar hewan di Bolu yang sumbernya dari Dana Insentif Daerah (DID) sebesar ratusan juta rupiah.

Kami menyiapkan armada mobil pengangkut Kotoran ternak kerbau yang ada dalam pasar bolu selanjutnya dibawa kelahan perkebunan masyarakat untuk dijadikan pupuk.

Bagi masyarakat yang butuh untuk mengunakan kotoran kerbau sebagai pupuk dilahan perkebunan silahkan datang kekantor pertanian kami akan memberikan dan melayani seputaran wilayah terdekat, Jelasnya.

Lanjut Daud, perlunya ada kerjasama dengan pemilik kerbau untuk selalu menjaga kebersihan yang ada didalam pasar Bolu. Bila tidak ada perhatian kebersihan rencana akan tidak membiarkan kerbau disimpan di pasar Bolu sebab kalau disimpan itu bukan pasar lagi tapi dijadikan kandang kerbau.

Selain itu, Dinas pertanian yang ia pimpin juga akan memberikan pelatihan kepada 20 petani yang dilaksanakan Dibalai BPP Kecamatan Kapalapitu dengan melibatkan Narasumber dari Balai Batang Kaluku Makassar selama Tiga hari.

Laporan : Agen Saldi (Torut)

Editor : Agen 056 Sukri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven + 7 =