SPIONASE-NEWS.COM,-MAKASSAR- “Mengembalikan Kedaulatan Negara Di Sektor MIGAS, inilah maksud dari seminar yang dilaksanakan Pospera Sulsel, yang di nahkodai Abrar.
Dewan Pospera Sulsel menyelenggarakan Seminar MIGAS (Minyak dan Gas), sabtu (11/8/2018).

Kegiatan yang mengusung tema “Revisi UU Migas Untuk Kesejahteraan Rakyat”, berlangsung di Red Corner Café, Jalan Yusus Daeng Ngawing, Makassar.
Seminar yang dihadiri kurang lebih 150 peserta ini, mendatangkan pembicara dari SKK Migas yang diwakili oleh Handel Martua PLN, SE, AK selaku Staf Departemen Operasi Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi. Selain itu juga hadir Ketua DPP Bidang ESDM dan Lingkungan Hidup, Erwin Usman, SH.
Migas kembali menjadi sorotan beberapa tahun terakhir, mengingat terdapat 18 blok Perusahan pengelola yang akan habis kontraknya pada tahun 2021.

Handel Martua menjelaskan, bahwa sektor Migas mesti dijadikan objek vital srategis. “Harus terjadi penguatan sektor hulu dalam UU Migas” katanya.

Dia juga menjelaskan terkait tugas fungsi SKK Migas sebagai badan yang dibawahi ESDM, “sejauh ini kita di SKK Migas mengusahakan yang terbaik kepada negara, walaupun hanya sebagai Satuan Kerja Sementara”, ujarnya.

Pengelolaan Migas kita tidak boleh keluar dari prinsip yang telah diamanahkan konstitusi. Pasal 33 UUD 1945 telah secara jelas memberi dasar pijakan kedaulatan Negara atas sumberdaya alam termasuk Migas.

Revisi UU Migas mesti menganut filosofi Pasal 33. Menurut Erwin Usman, revisi UU Migas mesti didorong agar Pemerintah bisa melangkah lebih jauh dalam menata sektor tersebut.

“Pokok pikiran utama Revisi UU Migas terdapat pada pasal 4 dan 8, disana mengandung point penting terkait filosofi pasal 33”, terangnya dalam menjawab pertanyaan dari peserta.

Dia juga menjelaskan bahwa sebenarnya cadangan sumberdaya minyak Indonesia tidak lagi banyak, hanya terdapat 0,2 % dari keseluruhan cadangan minyak dunia. “Minyak kita tidak lama lagi habis, maka itu mesti dipersiapkan dari sekarang pengelolaannya”.

Laporan : Agen Abr (Mksr)

Editor : Agen 007 IJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + 8 =