SPIONASE-NEWS.COM,- MAKALE – Sebanyak 657 Siswa yang terdiri 73 Sekolah SMA/SMK ikut memperebutkan prestasi Prakualifikasi Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada Festival Pelajar Sulawesi Selatan Ke-3, yang digelar Rabu, 31 Oktober 2018, di Aula SMKN 1 Tana Toraja.

Prakualifikasi OSN pada Festival Pelajar Sulsel Ke-3 Tahun 2018 ini diikuti 2 Kabupaten SMA/ SMK Yakni Toraja Utara dan Tana Toraja selaku Tuan rumah dengan jumlah Mata Pelajaran yang dilombakan dan dibagi ke dalam tiga sesi,

Antara lain untuk Sesi 1 SMA (Matematika, fisika, kimia) 2. Sesi II SMA (TIK, Biologi, Astronomi) 3. Sesi III SMA (Ekonomi, Kebumian, Geografi).Sedangkan Sesi I SMK (Metematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia) 2. Sesi II SMK (Seni Budaya, Pkn, Sejarah Nasional) 3. Sesi III SMK (Penjaskes, Pendidikan Agama, Kewirausahaan).

Kepala SMK Negeri 1 Tana Toraja, Sofyan Linggi, saat di temui diruang kerjanya Kamis (1/11), menuturkan Lomba Prakualifikasi OSN dibagi dalam 3 sesi dan pemenang lomba akan kembali bertarung di tingkat provinsi dan pusat.

Proses pengerjaan soal dan penilaian pada lomba OSN ini menggunakan sistem IT yaitu menggunakan Sistem Android dengan login di aplikasi eXAMBRO yang didownload langsung di Playstore, Ungkapnya.

Ia menuturkan Sebelumnya, Prakualifikasi OSN ini akan di gelar secara serentak di Makassar dan akan memecahkan Rekor Muri peserta lomba terbanyak yaitu 19.500 ribu peserta.

Namun karena kemampuan server yang tidak mendukung sehingga di kembalikkan ke tingkat cabang Dinas sehingga Kabupaten Tana Toraja (Cabang Dinas 10) dan Toraja Utara (Cabang Dinas 11) digabung menjadi satu lokasi yang digelar di SMKN 1 Tana Toraja.

Dan pada dasarnya Lomba OSN ini menggunakan peralatan sekolah sehingga kami SMKN 1 Tana Toraja siap dari segi peralatan, Jelas Sofyan Linggi

Lanjut Sofyan Linggi, Prakualifikasi OSN pada Festival Pelajar Sulsel Ke-3 Tahun 2018 ini diikuti 2 Kabupaten SMA/ SMK yakni 22 SMK dari Tana Toraja, 12 SMA dari Tana Toraja, 23 SMK dari Toraja Utara dan 16 SMA dari Toraja Utara dengan masing-masing Sekolah mengikutkan 9 siswa sebagai peserta.

Kita berharap kedepan pada Disdik Provinsi dalam setiap pengelolaan dapat dirancang sebaik mungkin sehingga tidak ada kendala pada setiap lomba, Tutupnya.

Laporan : Agen Saldi (Mkl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × two =