SPIONASE-NEWS.COM,- TORUT – DPRD Toraja Utara terus melakukan fungsi pengawasan pengunaan Angaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sehingga Efisien dan Efektif sesuai dengan Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD)

(Wakil Ketua DPRD Toraja Utara, Rony Mapaliey)

Untuk mewujudkan, agar tidak terjadi pemborosan pembiayaan, 34 OPD ditambah 21 Kecamatan yang ada di Toraja Utara harus merepresentasikan programnya masing-masing pada tahapan lanjutan pembahasan Ranperda APBD 2019 bersama dengan Badan Anggaran.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPRD Toraja Utara, Rony Mapaliey Katunde,SE di Kantornya kepada media ini Rabu ( 7/11), Representasi dari setiap program OPD guna mengetahui secara pasti apa program itu layak atau tidak sehingga pembiayaan APBD dalam penggunaannya harus efisien dan efektif.

Pihaknya langsung menyikapi dengan mengesahkan adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2018 tentang Tatib DPRD yang merupakan Revisi dari PP nomor 16 tahun 2014 fungsi Badan Anggaran DPRD Toraja Utara, untuk melihat realisasi pelaksanaan RPJMD dengan melakukan Evaluasi kinerja Bupati 5 Tahun dalam RPJMD yang dikondisikan anggaran program tahun yang sedang berjalan. Ujarnya.

Rony menuturkan, Ranperda tentang APBD Toraja Utara tahun 2019 harus sejalan dengan RPJMD.

Untuk itu Ranperda APBD 2019 sebelum ditetapkan, DPRD Kabupaten Toraja Utara minta kepada Pemda agar sebelum masuk dalam penetapan nominal Perkiraan Plafon Anggaran (PPA) di setiap program harus lebih dahulu di presentasikan oleh masing-masing OPD di depan Badan Anggaran.

Kita (DPRD) selama tiga periode ini, dirinya melihat ada sejumlah program yang dibiayai dari APBD belum berjalan efektif.

Rony menambahkan, Saatnya Pemda mulai harus melakukan evaluasi secara cermat dan teliti penyusunan program dan anggaran yang lebih efektif, efisien dan produktif menuju penyelenggaraan pemerintahan yang baik ( Good Goverment) untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Toraja Utara sebagai salah satu daerah Pariwisata favorit di Indonesia, Jelasnya.

Laporan : Agen Saldi (Torut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − five =