SPIONASE-NEWS.COM,- TORUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Bawaslu, Dukcapil dan Parpol peserta Pemilu 2019 dan PPK Se – Toraja Utara melakukan Singkronisasi Uji Publik hasil Perbaikan DPTHP – 1 di Hartage Rantepao Kabupaten Toraja Utara, Sabtu (10/11).

Kegiatan Singkronisasi Uji Publik DPTHP -1 Toraja Utara dibuka Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom didampingi anggota Komisioner KPU Torut Simeon Sarira, Jan Hery Pakan, Roy Pole Pasalli serta Komisioner KPU Sulsel, Uslimin.

Adapun para peserta mendapatkan Materi dan sesi tanya jawab dalam kegiatan tersebut, tentang Pemilu yang demokratis (Regulasi yang jelas dan Tegas) pemilu yang taat aturan (Pemilih Cerdas dan Patisifayif) Penyelenggara yang berkompeten.

Ketua KPU Torut, Bonnie Freedom mengatakan Singkronisasi uji publik DPTHP -1 dilakukan guna menghasilkan pemilu yang sukses, mengingat data pemilih merupakan hal yang perlu menjadi perhatian bersama disamping bersosialisasi agar masyarakat yang Memenuhi Syarat (MS) bisa menyalurkan hak suara mereka pada Pemilu 2019 yang akan datang.

Kegiatan ini dimaksudkan dalam mengevaluasi hasil rekapitulasi data DPTHP-I untuk diuji publik demi menghasilkan data yang valid sesuai kondisi yang ada, Terang Bonnie.

Pada kesempatan lain, Komisioner KPU Sulsel Uslimin, didepan para peserta yang hadir mengingatkan PPK dan PPS untuk terus menjalin komunikasi yang baik dengan Bawaslu pada tingkat Kecamatan dan Kelurahan karena keduanya merupakan bagian penyelenggara yang harus selalu berdampingan dan berjalan sesuai tugas dan Tupoksi masing-masing.

Kepada parpol, pentingnya menaruh perhatian pada tingkat PPS untuk terus mengawal data yang ada di sana, jangan sampai nanti sampai pada tingkat Kabupaten atau Provinsi atau bahkan hingga tingkat Nasional, baru mempersoalkan, sementara pada pendataan tingkat bawa tidak memberikan perhatian.

Sedangkan Komisioner lainnya Simeon Sarira menambahkan, bahwa ada tujuh elemen yang dilakukan untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas, pertama kepastian Hukum, Penegakan Hukum, Penyelenggara Independen dan Penyelenggara Profesional, serta Data Pemilih yang akurat dan lengkap dan juga partisipasi masyarakat yang hadir dalam pemilu, akan menyukseskan Pemilu itu, Jelasnya.

Laporan : Agen Saldi S (Torut)

Editor : Agen 007 IJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − five =