SPIONASE-NEWS.COM,- MAKALE – Wakil Bupati Tana Toraja yang juga ketua PMI Tana Toraja, Victor Datuan Batara meresmikan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Lakipadada ditandai penguntingan pita Kamis, (22/11/2018).

Peresmian UTD RSUD Lakipadada dihadiri
Forkopimda Tana Toraja, Kepala UPTD UTD Provinsi Sulsel dr Kusriny A Pasinring
Kepala OPD Lingkup Tana Toraja.

Kepala UPTD UTD Prov.Sulsel Dr Kusriny A Pasinring
mengapresiasi upaya Pemerintah dan Manajemen RSUD Lakipadada dalam memperjuangkan berdirinya UTD.

dr.Kusriany berharap stok darah di UTD RSUD Lakipadada bisa mencapai 1.000 kantong perbulan, agar stok darah untuk Toraja dan daerah sekitarnya bisa terjamin.

Sementara itu, Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara mengaku sangat gembira akhirnya Toraja memiliki UTD sendiri setelah menunggu selama 35 tahun.

Viktor meminta OPD di jajaran Pemda untuk membantu mencari pendonor atau mengsosialisasikan kepada masyarakat, mahasiswa dan mengaungkan manfaat mendonor,” ajaknya.

Viktor menuturkan PMI akan mengsupport secara penuh kegiataan UTD RSUD Lakipadada dan membantu mengsosialisasikan ke kecamatan di Tana Toraja.

Kita berharap kepada Kepala UTD Prov agar dikomunikasikan ke Provinsi sekiranya Toraja bisa dibantu kendaraan khusus yang bisa memudahkan distribusi darah menjangkau Puskesmas-puskesmas di daerah pelosok Toraja, Jelasnya.

Kata Victor, Harapan kita semakin mempermudah pelayanan ke masyarakat khususnya bagi yang membutuhkan darah.

Tidak hanya untuk warga Toraja, tetapi daerah tetangga seperti, Enrekang, Toraja Utara, Mamasa, Palopo bahkan Sidrap.

Ini salah satu komitmen Nivi, jangan biarkan rakyatku sakit. UTD bisa memproduksi Trombosit dengan demikian akan mempermudah pelayanan kesehatan bagi masyarakat daerah ini

Saya mengajak warga secara rutin melakukan donor darah, selain untuk menjaga kesehatan juga membantu sesama yang membutuhkan
karena satu tetes darah sangat berarti untuk sesama. Ayo donor darah,” Tuturnya

Direktur RSUD Lakipadada Tana Toraja, Dr Syafari Mangopo, menambahkan UTD Lakipadada ini tidak hanya melayani RSUD Lakipadada tapi semua rumah sakit yang ada di Toraja, seperti Pongtiku, Elim, Sinar Kasih, dan Fatimah Makale, bahkan langsung ke Puskesmas serta rumah sakit di luar Toraja, seperti Enrekang, Palopo, Mamasa

“Untuk memenuhi kebutuhan itu, masyarakat harus mendukung dengan rutin melakukan donor darah ke UTD Lakipadada daerah ini ,” Jelasnya.

Laporan : Agen Saldi (Trj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 2 =