SPIONASE-NEWS.COM,- BANDUNG – Dinas pertanian dan perkebunan Aceh pada peringatan hari Perkebunan ke 61 dari tanggal 8 – 10 Desember 2018 di Kota Bandung, berhasil meraih juara Stand terbaik pertama (10/12).

Kadistanbun Aceh A.Hanan kepada media ini mengatakan, bahwa kegiatan Harbun ke 61 di Bandung, distandarisasi Aceh yang paling menarik bagi para pengunjung adalah inginnya mencicipi kopi Arabika dengan menggunakan gula aren sawit, dan kopi Sanger yaitu kopi Arabika pakai susu.

Banyaknya pengunjung Pameran Harbun ke 61 yang telah mengakui kenikmatan kopi racikan dari Aceh ini, menurut salah seorang pengunjung, kopi Arabika dari Aceh ini memiliki citarasa yang sangat tinggi dan sangat nikmat.

Selain itu, hal yang paling menarik bagi pengunjung Stand Aceh ini adalah menjadi viralnya gula aren sawit dan terseduh dalam kopi Arabika asal Aceh.

Dalam kunjungan Dirjen Perkebunan ke Stand Aceh yang didampingin direktur pengolahan hasil perkebunan Aceh, Dirjen menjanjikan akan memberikan pembinaan dan bantuan pengemasan untuk gula aren sawit yang merupakan hasil replanting yang merupakan program strategis saat ini, jelasnya.

Kepala dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh A. Hanan, SP, MM, juga menyampaikan komoditi strategis Aceh yang selalu membutuhkan dukungan kementerian pertanian terutama pengembangan kopi arabika gayo, pala, kakao, kelapa, sangat mendapat dukungan pengolahan dari Kadistanbun Aceh.

Pada Harbun ke 61 ini, yang dilaksanakan di bandung, juga diselenggarakan seminar dan temua asosiasi komoditi perkebunan, diantaranya Dewan Kopi Indonesia, Gabungan Perusahaan perkebunan, Dewan Kakao, Dewan Atsiri, Dewan rempah dan Dewan Karet yang merupakan komoditi strategis perkebunan serta kesemua komiditi tersebut ada dan berkembang baik di Aceh.

Lanjut A.Hanan, Terkait Dewan Kopi yang diketuai oleh Mantan Menteri Pertanian Anton Apriono, dalam diskusi kecil dengan kami, juga membicarakan pembentukan Dewan Kopi Aceh.

Semoga kedepan Aceh akan lebih dikenal dengan komoditi perkebunan utamanya kopi, pala, kakao dan lain-lain, sebagai komoditi penyumbang devisa negara saat ini, Tutup Kadistanbun Aceh.

Laporan : Agen Mti (Aceh)

Editor : Agen 007 IJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − four =