SPIONASE-NEWS.COM,- ACEH TENGGARA – Lounching ceremony Seulawah Agro technopark SMK PP Negeri Saree, (27/12/2018) di Saree Aceh Tenggara.

Dalam sambutannya kepala SMK PP Negeri Saree, Muhammad Amin SP MP menyampaikan bahwa inpres presiden tentang revitalisasi SMK, atau SMK PP Negeri Saree masuk dalam program revitalisasi SMK semua berkat dukungan pemerintah Aceh.

Ada enam fokus pemberdayaan alumni, pengembangan kewirausahaan, kompetensi guru, technopark dan model pembelajaran dengan inovasi.

Ada 8 unit yang dikembangkan usaha oleh alumni dan dukungan Dunia usaha dan industri, dan ketiga SMK PP Negeri Saree dan Kutacane diharapkan akan lahir juga program technopark tahun depan.

Tujuan mengurangi angka pengangguran dan melahirkan tenaga wirausaha muda, dan juga akan mendukung pemerintah Aceh dalam program Aceh Carong, Aceh troe, dan SMK PP Negeri saree akan membuka peta jalan Revitalisasi SMK PP di Aceh.

Sementara itu Kadistanbun Aceh,A.Hanan.SP.MM
Dalam arahannya mengaku bangga dengan inovasi pendukung ketahanan pangan SMK di SMK PP Negeri Saree.

Distanbun Aceh lingkup tugasnya dibidang pertanian dan perkebunan, Kehadiran SMK ditengah masyarakat sangat penting dalam memberdayakan masyarakat, petani, “peran lulusan dan alumni sangat berperan”, kata A.Hanan yang juga ketua IKASPA.

Lanjut A.Hanan, Kita saat ini surplus beras dan pekerjaan rumah (PR) kita adalah pengolahan hasil produksi beras. Distanbun tahun depan akan membantu alsintan untuk pengolahan hasil produksi dan juga kepada siswa, alumni untuk memanfaatkan hasil produksi, pemanfaatan lahan di Aceh dalam meningkatkan hasil produksi, “Lulusan SMK jangan berharap untuk jadi tenaga kontrak”, ujarnya.

Tetapi bagaimana menjadi pengusaha pertanian yang menggarap lahan, lulusan SMK PP diharapkan menjadi wirausaha muda pertanian.

Disebutkan bahwa Saree adalah kawasan potensi pengembangan hortikultura, untuk kawasan Saree akan dikembangkan alpokat yang tak pernah jenuh dengan pasar.

Selain untuk konsumsi juga untuk produk kosmetik, kondisi Saree yang mulai terjadi perubahan iklim, saatnya juga dikembangkan komoditi alpokat mengantikan lahan yang sudah kritis dan dirambah dengan pengembangan pangan lokal.

Ditambahkannya lagi, Saatnya juga alumni SMK berperan dalam mengembangkan potensi pertanian dan Kadistanbun Aceh juga mengajak SMK PP Negeri Saree, Kutacane dan Bireun untuk mengembangkan potensi lokal dengan masyarakat.”mari kita konsumsi pangan dan mengharap potensi lokal”, ajak A.Hanan.

“Jangan berpikir dan berharap jadi PNS, lulusan SMK PP Negeri saree, Kutacane dan Bireun mengembangkan pertanian dan menjadi wirausaha pertanian, menuju Aceh Troe, Aceh Meugoe dan Aceh Carong.

Kadistanbun Aceh A.Hanan melonching Seulawah Agro teckno park didampingi oleh Kepala SMK PP Negeri kutacane Muhammad SP MP, Kepala SMK PP Bireun diwakili oleh Zalhendra SP MP, Kepala SMK PP Negeri Saree Muhammad Amin SP MP dan SKPA serta meninjau program agrotecknopark dan produk unggulan SMK PP Negeri saree.

Laporan : Agen Mti (Aceh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 + 12 =