SPIONASE-NEWS.COM,- TORUT – Sebanyak 133 pekerja harian terdiri Mahasiswa, Masyarakat melakukan penyortiran dan pelipatan kertas surat suara untuk pemilu tanggal 17 April 2019 yang akan datang, dan berlangsung di Jayata gudang Logistik KPU Toraja Utara Senin (25/2).

Sebelumnya Ketua KPU bersama stafnya melakukan simulasi dengan memberi penjelasan didepan pekerja pelipatan kertas Surat suara DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/Kota, DPD RI dan calon Presiden dan Wakil Presidennya di Pemilu 2019 yang masuk di Toraja Utara dihadiri oleh pemkab Toraja Utara, Bawaslu, Kesbangpol Petugas Kepolisian dan Satpol PP.

Ketua KPU Toraja Utara Bonnie Fredom usai memberi simulasi pelipatan surat suara mengatakan, bahwa proses penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu 2019 untuk wilayah Toraja Utara belum sepenuhnya masuk yang diterima oleh KPU Toraja Utara hari ini berjumlah 319 Box/Dos yang tiap box isinya 500 surat suara sedangkan yang 1 Box isinya 145 lembar surat suara.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilakukan hari pertama oleh KPU Toraja Utara yaitu DPR RI , DPRD Provinsi Dapil 10 dan DPRD Kabupaten Dapil 2,3,4 dan Dapil 5 dengan melibatkan masyarakat dan mahasiswa sebanyak 133 pekerja harian dengan target 8 hari rampung, Terangnya.

Kata Bonnie, sedangkan untuk surat suara pemilu 2019 Presiden dan Wakil Presiden RI dan DPD RI serta DPRD Kabupaten Toraja Utara dapil 1 di Toraja Utara belum masuk pihak KPU Toraja Utara masih menunggu.

Setiap petugas (pekerja) penyortiran dan pelipatan surat suara DPR pemilu 2019 dilakukan sesuai dengan Standard Operasional Prosudur (SOP) yang mana surat suara yang cacat dan tidak cacat dengan dimulai dari pelipatan surat sauara DPR RI, Ungkapnya.

Bonnie menambahkan Kriteria surat suara rusak , tidak layak atau (cacat) yaitu Hasil cetak surat suara kotor atau tidak merata permukaan hasil cetak surat suara kabur , kusut, mengkerut, robek bagian tengah dan/ atau/ bagian pinggir ,bagian atas judul surat suara atau logo KPU tidak jelas, Kata Bonnie Freedom.

Laporan : Agen Saldi (Torut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 3 =