SPIONASE-NEWS.COM,- TORUT – Puluhan peserta terdiri Satpol dan Dinas Perhubungan bersama Satlantas Toraja Utara melakukan rapat koordinasi dalam menindaklanjuti peraturan Bupati terkait titik parkir ditepi jalan umum guna peningkatan Pendapatan Asli Daerah berlangsung di Aulah Dishub Toraja Utara, Selasa (5/3).

Adapun dalam pertemuan tersebut satpol PP diberikan materi sebelum bertugas dilapangan yang dibawakan Panit 1 Lantas Rantepao jatmika dan Prof.Dr Sampe Paembonan M.Si.

Tentang berlalu lintas etika dalam menegur dan Sopan dengan mengunakan sistim 3 S yaitu Senyum ,Salam dan Sapa, dan bunyi Sepritan, Pengaturan Syarat Parkiran serta peningkatan PAD dan struktur pemerintahan dan Lokasi Parkir yang akan di sebar di 14 titik yaitu Rantepao Tallunglipu Bolu.

Kepala Dinas Perhubungan Toraja Utara Edward didampingi Panit 1 Lantas Rantepao dan Satpol PP mengatakan pihaknya memberikan pelatihan kepada 60 Satpol PP sebelum mereka bertugas dilokasi titik parkir dalam menindaklanjuti Perda titik parkir ditepi jalan Umum.

Mulai 12 maret pemda mulai menempatkan petugas Dishub dan Satpol PP di 14 lokasi rawan kemacetan untuk melakukan penarikan retribusi parkiran yang sudah ditetapkan dalam meningkat PAD, Ungkapnya.

Ia menuturkan untuk parkiran Kendaraan roda dua ditarik retribusi Rp 2 Ribu Rupiah sedangkan Roda dua (Motor) Rp 1000,-

Sejumlah lokasi titik parkir ditepi jalan umum yang akan dikenakan retribusi parkir sesuai peraturan Bupati Toraja Utara antara lain : Jl.Ahmad Yani (depan KPU dan RS Elim), Jl.Mappanyukki (Pertokoan), jalan Merdeka, Jl.Mangadil, Jl.Diponegoro, Jl.Rante Kesu, Jl.Sawergading, Jl. Art Centre , Depan DPRD, Jl.Tedong Bonga (depan Bank Sulbar). Jelasnya

Lajutnya, tidak hanya itu untuk titik parkiran disejumlah Swalayan juga akan ditempatkan petugas parkir yang ada di Kecamatan Rantepao seperti Alfa Mart, Alfa Midi, Indo Mart.

Selain meningkatkan PAD juga mengantisipasi kemacetan dengan mengatur parkiran yang sembrawut khususnya ditempat rawan kemacetan yang terjadi didaerah ini.

Sementara itu Kasatpol PP Andarias Sesa menuturkan pihaknya terus melakukan koordinasi bersama dishub dalam mengatasi kemacetan.

Kita terus kordinasi bersama dinas terkait dalam hal penegakan perda untuk penarikan retribusi parkiran ditepi jalan umum dimana 60 satpol PP akan ditempatkan untuk bekerjasama meningkatkan PAD.

Selain bertugas mengatur parkiran yang sembrawut satpol PP juga membekap dishub untuk menarik retribusi parkiran kendaraan roda dua maupun roda empat dengan harapan masyarakat untuk mendukung dan mentaati perda yang sudah ada didaerah ini dalam meningkat PAD, Ujarnya.

Laporan : Agen Saldi (Torut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × one =