SPIONASEN-EWS.COM,- TORUT – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Yalimo Provinsi Papua melakukan Study Banding ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang (DPML) Toraja Utara Rabu (22/5).

Rombongan kunjungan study Banding DPMK Yalimo di Daerah pariwisata kabupaten Toraja Utara dipimpin Urbanus Farion didampingi Kasinya, anak dan remaja dan staf diterima langsung oleh Kepala DPML Toraja Utara Rita Rasinan di Kantornya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Yalimo Provinsi Papua Yang diwakili oleh Kabid Ketahanan Masyarakat Urbanus Farion disela-sela study banding mengatakan, Kunjungan study banding untuk melihat DPML Toraja utara melaksanakan tugas dan cara bagaimana pengelolaan dana desa didaerah ini.

Study banding dimaksudkan untuk melihat Program-program yang ada di kabupaten Toraja Utara kita adopsi untuk kita samakan ke Yalimo yang sangat dibutuhkan untuk kemajuan pembangunan di daerahnya, Ungkapnya.

Kata Urbanus , Kabupaten Yalimo yang terletak diindonesia bagian timur memiliki 5 distrik dan 300 Kampung ini yang kedua kalinya ke Toraja Utara.

Untuk itu program yang ada di daerah ini kita tiru untuk dibawa di Yalimo. Kita tiru program apa saja yang ada didaerah lain yang sudah dikunjungi kalau cocok akan dipadukan didaerahnya, Ujarnya

Kepala BPML Toraja Utara Rita Rasinan menuturkan, Sangat mengapresiasi dan terima kasih atas kedatangan DPMK Kabupaten Yalimo provinsi Papua yang melakukan study Banding di Toraja Utara untuk melihat bagaimana BPML Toraja Utara melaksanakan tugas dan bagamana cara pengelolaan Dana Desa.

Kedatangan mereka untuk melihat BPML melaksanakan tugas secara khusus pengelolaan dana desa didaerah ini, Ungkapnya.

Lanjut Rita menjelaskan, terkait pengelolaan dana desa DPML Toraja Utara untuk mengimplementasikan dilapangan dengan menggunakan regulasi yang sudah ditentukan secara khusus dalam Permendes Nomor 16 Tahun 2018 tentang prioritas pengunaan dana desa.

Untuk Prioritas dana desa dimulai dengan musrembang lalu diimplementasikan kedalam RKP dan masuk dalam APBD untuk ditindaklanjuti. Jelas Rita.

Usai melakukan pertemuan selanjutnya mereka meluangkan waktu berkunjung di sejumlah objek wisata di daerah ini, yaitu objek wisata Kete kesu dan obyek wisata Patung Yesus yang bertempat di Burake Kabupaten Tana’ Toraja.

Laporan : Agen Saldi (Torut)

Editor. . : Agen 008 HI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + thirteen =