SPIONASE-NEWS.COM, – TORUT – Puluhan peserta dari OPD Toraja Utara, Tana’ Toraja dan Palopo mengikuti Pendampingan dan Monitoring Pelaksanaan Pengarus Utamaan Gender (PUG) bagi perangkat Daerah Tahun 2019 yang diadakan Pemkab Toraja Utara Bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulsel yang berlangsung di RM Ayam Penyet Ria Rantepao, Minggu (30/6).

Pelaksanaan Kegiatan PUG dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Toraja Utara Roni Rede Bare dihadiri Kepala Dinas , Kasubag Program dari OPD Toraja Utara, Tana Toraja dan Palopo.

Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kemen PPPA menyampaikan salah satu kunci untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan PUG didaerah adalah Komitmen dan keseriusan pimpinan Daerah

PUG didaerah diharapkan lebih Kongkret dan terintegritas dalam mekanisme perencanaan dan penganggaran yang responship gender .

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Toraja Utara Boyke Patandianan kepada media menuturkan, bahwa Kegiatan PUG ini sebagai penguatan kelembagaan Pengurus Utamaan Gender dengan tujuan untuk keterlibatan pemerintah dalam mensukseskan PUG dengan penganggaran dan kalau diperlukan regulasi penguatannya. Ungkapnya.

Lanjut Boyke, Kondisi kesetaraan gender yang cukup baik ditunjukkan dengan indikator IPG yang terus meningkat setiap tahunnya. Pemerintah harus berhasil menurunkan ketimpangan gender dan kekerasan terhadap perempuan. Hal ini menjadi komitmen yang seharusnya dituangkan dalam rencana Kerja Daerah sehinga usaha kearah tersebut bisa lebih maksimal .

Pelaksanaan kegiatan PUG Pemkab Toraja Utara yang bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulsel, Tutup Boyke Patandianan

Laporan : Agen Saldi (Torut)

Editor : Agen 008 HI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 9 =