SPIONASE-NEWS.COM,- MAKASSAR – Kepala Pos Bakum Pengadilan negeri Makassar Dr.Drs.Ing. Andi Ware, SH., MH yang juga merupakan pimpinan LBH Pembimbing Rakyat yang bekerjasama dengan Mahkamah Agung, akhirnya dapat meraih gelar Doktornya dalam Yudisium di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UMI) Makassar Sulsel, dengan Judul Desertasi ” Peran Advokat Dan Perlindungan Hak Asasi Manusia Pada Sistem Peradilan Pidana”, pada senin tanggal 29 maret 2019 di Aula Pasca Sarjana UMI.

Andi Ware yang merupakan pengacara senior di Makassar, dan merupakan pimpinan Pos Bakum Pengadilan negeri Makassar serta Pembina LMR-RI Komda Makassar. Beliau juga dikenal sebagai salahsatu pimpinan LBH ‘Pembimbing Rakyat’ yang selama ini selalu melakukan pembelaan “Gratis” kepada rakyat kurang mampu (miskin), dan tetap eksis dalam pembelaan masyarakat kecil sejak tahun 2010 sampai sekarang.

Andi Ware yang di temui setelah acara yudisiumnya mengatakan bahwa, Desertasi yang Ia paparkan merupakan hasil dari penelitian dari banyaknya kasus yang menyangkut hak asasi manusia pada masyarakat yang tidak mampu. “Alhamdulillah tunai sudah perjuangan ini, begitu lama saya berjuang untuk menyelesaikan pendidikan Doktor Hukum saya,” ungkapnya.

Lanjut Andi Ware, Tapi karena banyaknya kasus dan pembelaan rakyat miskin di pengadilan, membuat saya fokus pada kasus yang menjerat masyarakat tidak mampu tersebut, tuturnya.

Andi Ware menambahkan, bahwa dengan kesibukan di Posbakum menangani sidang-sidang ratusan kasus ‘Prodeo’ membuat proses penyelesaian studynya agak terlambat dari jadwal yang seharusnya. Akan tetapi akhirnya ini menjadi surprise buat isteri, anak dan cucu saya, karena saya mampu meraih nilai A+ (Summa Cumlaude) dengan mempertahankan Desertasi yang cukup menegangkan dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan penguji yang merupakan profesor dan guru besar dari Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Jelasnya.

“Semoga di usia tua ini, saya masih bisa mengaplikasikan ilmu hukum saya untuk kepentingan dan pembelaan rakyat kecil,” Harap Dr.Andi Ware, mantan Kadis Kebersihan dan Kepala BP7 Kabupaten Bone ini menutup wawancara dengan media ini.

Laporan : Agen Arunggona (Mksr)

Editor : Agen 008 IJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 3 =