SPIONASE-NEWS.COM,- SIDOARJO – Tidak kurang dari 50 guru SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo mengikuti worksop yang di sampaikan oleh Abdullah M.Pd dari Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo dengan tema “Kemampuan Seorang Guru Dalam Pembuatan Perangkat Mengajar Selama Satu Tahun Pelajaran”.

Kepala Sekolah SMP Hang Tuah 5 Sumiyati, S.Pd beserta seluruh guru sudah siap sejak pagi menyambut kedatangan orang nomor satu di Diknas Kabupaten Sidoarjo , untuk mendapat pencerahan yang sangat di butuhkan bagi seorang guru khususnya dalam pembuatan perangkat mengajar. “ Bagi seluruh guru mapel di SMP Hang Tuah wajib mengikuti worksop ini” akunya .

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo Drs Ec. Asrofi ,MM., MH yang turut hadir dalam worksop menyempatkan diri menyampaikan akan pentingnya pembuatan perangkat mengajar bagi seorang guru, sehingga ke depan proses pembelajaran di sekolah akan semakin meningkat dan membawa peserta didik memiliki kemampuan sebagaimana di harapkan, bahkan akan lebih dari itu.

Penekanan lainnya adalah membuat kurikulum kejujuran dan spiritual dimana ini dilaksanakan di SMP Hang Tuah 5 di mulai dengan kegiatan sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur dan sholat Ashar berjamaa, hal ini akan membentuk kedisiplinan, dan karakter.

Juga mengingatkan kepada para guru agar mendidik siswanya dengan tidak egois, selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat dan beberapa argument dalam memahami pendapat sesama siswa harus di akomodir.

Juga tidak kalah pentingnya adalah pemahaman teknologi informasi dan komunikasi, siswa jangan di larang menggunakan android, tapi di arahkan sesuai dengan kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah.

Worksop yang disampaikan oleh Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo meliputi Kompetensi Inti, Kompetensi dasar yang memiliki makna kompetensi yang akan di capai oleh siswa yang diajarkan oleh seorang guru membuat perangkat Silabus, Minggu efektif, Prota dan Prosem, RPP yang mencakup SKL, KI, KD, Strategi Mengajar, Pendekatan metode, lain-lain.

Bagi seleruh guru yang mengajar di SMP yang di bawah naungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya ini setiap tahunnya selama ini wajib membuat seluruh perangkat belajar mengajar sebelum datangnya tahun pelajaran baru, sehingga mereka para guru tersebut sudah siap melaksanakan tugas, mengajar, melatih, memberikan penilaian, mengevaluasi peserta didiknya sehingga motto Yayasan Hang Tuah “ Keberadaan Kami mencerdaskan Anda” akan terwujud.

Laporan : Agen DJ/Yth (Sdrjo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − 11 =