SPIONASE- NEWS.COM,- ENREKANG – Polres Enrekang menggelar Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke – 73 Tingkat Kabupaten Enrekang, kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan Sepak Bola Abu Bakar Lambogo Batili Kabupaten Enrekang provinsi Sulawesi selatan, Rabu (10/07/2019).

Kapolres Enrekang AKBP Ibrahim Aji,S.Ik sedang membaca pesan bapak presiden RI di HUT Bhayangkara ke-73

Hadir dalam kesempatan tersbut Bupati Enrekang H.Muslimin Bando, Wakil Bupati Enrekang Asman, Sekretaris Daerah H.Chairul Latanro, MM, Muspida Tripika dan Kepala serta ketua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kodim 1419 Enrekang, Kejari Enrekang dan semua unsur yang ada.

Dalam Sambutan Presiden Republik Indonesia yang dibacakan oleh Kapolres Enrekang AKBP. Ibrahim Aji, S.Ik mengatakan bahwa Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, dan Tahun Baru 2019 sampai dengan pengamanan bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 2019, jelasnya.

Kita juga merasakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, serta arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri berjalan dengan lancar, dan juga stabilitas harga bahan pokok dan bahan lainnya cukup terpenuhi dan terjamin diseluruh wilayah Indonesia, Selain itu bersama dengan seluruh pemangku kepentingan, Polri turut terlibat aktif dalam penanggulangan bencana yang terjadi diberbagai wilayah ditanah air, kata Kapolres dalam pesan Presiden yang dibacakannya.

Lanjut Kapolres bahwa “Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat dan kemudian kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang dan kejahatan cyber, lalu kejahatan berimplikasi konten jenis seperti konfliksosial, kerusuhan massa dan unjuk rasa anarkis, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegalfishing dan tindak pidana korupsi.

Termasuk dalam menindak kejahatan Korupsi, sepanjang tahun 2018, Polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesarRp 2,3 triliun.” Ungkapnya.

Kapolres menambahkan bahwa dengan berbagai capaian tersebut, kinerja Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri terus mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat.

Tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat. Hal tersebut ditunjukkan oleh berbagai survei yang diselenggarakan lembaga-lembaga survei yang kredibel, Polri menjadi salah satu lembaga yang dipercaya publik, setelah KPK dan TNI.

“Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Apalagi ke depan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks.

Terorisme dan radikalisme masih menjadi potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam negeri,” Tambahnya. Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi informasi juga mendorong semakin besar dan beragamnya potensi kejahatan di ruang cyber crime.

Demikian pula penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian, menjadi ancaman bagi kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa kita. Berbagai kejahatan lintas negara, seperti peredaran narkotika dan human trafficking terus memerlukan penanganan secara profesional.

Kejahatan terhadap kekayaan negara, seperti tindak pidana korupsi, illegal fishing, illegal mining dan illegal logging harus diberantas demi melindungi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.” Ungkapnya.

Oleh karena itu, sebelum mengakhiri amanat ini, saya akan menyampaikan beberapa instruksi Presiden sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas : Pertama terus tingkatkan kualitas sumberdaya manusia dan Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, Kedua untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Ketiga Kedepankan strategi kepolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, dan terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

Keempat Tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan dan berkeadilan serta Perkuat koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.” tutupnya.

Laporan : Agen 054 Mansyar M/Syafar Sakarong (Ekg)

Editor : Agen 007 IJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + seven =