SPIONASE-NEWS.COM,-PASAMAN SUMBAR – Pasukan Samapta Bhayangkara (Sabhara) merupakan satuan polisi yang menjadi tulang punggung atau penopang dari seluruh satuan tugas kepolisian.

Satuan ini diantaranya memiliki kemampuan Pengendali Massa (Dalmas). Berbagai tantangan ancaman gangguan keamanan dan ketertiban yang dihadapi kedepannya juga semakin berat. Hal ini menuntut pasukan Dalmas Sabhara sebagai pengendali awal dilapangan untuk selalu siap.

Personil Satuan Sabhara Polres Pasaman melaksanakan latihan rutin pengendalian massa (dalmas) yang dipimpin oleh Kasat Sabhara Iptu Yoni Handra, SH, didampingi Kasie Propam Iptu Idris, Kanit l Dalmas Aipda Mario, Kanit ll Dalmas Aipda zul efendi, Kasubnit Dalmas Bripka Anton Surya Parma, Kanit Patroli Sabhara Aipda zoni Arianto SH dan Kaur Mintu Sabhara Aipda Rusli Hidayah SH, di Lapangan apel Mapolres Pasaman, Selasa (03/9/2019).

Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin, S.Ag melalui Kasat Sabhara Iptu Yoni Handra mengatakan bahwa latihan Dalmas ini disamping sifatnya yang rutin, juga menunjang pelaksanaan tugas anggota Sat Sabhara dalam melaksanakan tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

“Latihan ini rutin kita gelar untuk meningkatkan kemampuan personil khususnya menjelang Pilkada 2020” Ujar Kasat Sabhara.

Dalam mengendalikan massa, Kasat Sabhara mengatakan terdapat beberapa tahapan yang dilalui, mulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata atau water canon.

“Standard Operational Procedure (SOP)-nya mengacu pada Perkap Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian,”tutupnya mengakhiri..

Laporan : Agen 074 Ris (Sumbar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × five =