SPIONASE-NEWS. COM – MAKALE TORAJA – Untuk mengoptimalkan peran lembaga adat di dua daerah pariwisata yakni Tana Toraja dan Toraja Utara Kejari Tana Toraja mengadakan Diskuisi melalui Teras Kejari Tana’ Toraja Selasa (3/9/2019).

Kegiatan Teras Kejari Tana Toraja ini sebagai bentuk Sinergitas dalam memberi sumbangsi kepada proses pembangunan terhadap daerah ini untuk berperan terhadap masyarakat.

Diskusi soal optimalisasi lembaga adat yang dikemas dalam Teras Kejari Tana’ Toraja dihadiri Bupati Toraja Utara Kalatiku , BPN Tana’ Toraja dan Toraja Utara , Camat , Ketua Aliansi Masyarakat Toraja Toko Agama.

Kepala Kejaksaan Negeri Tana’ Toraja Jefri P Makapedua menuturkan Sebagai lembaga Penegakan Hukum tentunya berharap mengoptimalkan peranan lembaga adat didaerah ini.

Sebagai penegak hukum yang ada , bagaimana berperan lembaga penegakan hukum bisa memberikan rasa keadilan kepada masyarakat. Ucapnya.

Ia mengatakan, cara penyelesaian sengketa bisa melalui lembaga peradilan Formal dan memungkinkan diselesaikan diluar pengedilan.

Salah satu mekanisme penyelesaian sengketa diluar pengadilan adalah melalui pendekatan adat , dimaksudkan adalah penyelesaian sengketa dan mekanisme adat dan oleh lembaga adat.

Sangat penting kita memiliki dan menjaga kearifan lokal untuk mengali dalam berbangsa didaerah ini. Ujarnya.

Laporan : Agen 027 Saldi (Makale)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 − 5 =