SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Kejari Tana Toraja dalam mencegah penyalagunaan Dana Desa didaerah ini telah memberikan edukasi lewat kegiatan ” Jaga Desa,” sosialisasi pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Optimalisasi pengelolaan dana desa yang berlangsung di Kantor Kecamatan Sopai Kabupaten Toraja Utara Sulawesi Semarang, Rabu (2/10/2019).

Kegiatan Sosialisasi ini menghadirkan Camat , 13 Kepala Lembang (Desa) , Sekretaris dan Bendahara lembang serta pendamping Desa dari 3 Kecamatan diantara Kecamatan Sopai Rantepao dan Kecamatan Tikala.

Adapun Materi dan Sesi tanya jawab yang diberikan para peserta yang dibawakan Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja Jefri P Makapedua SH MH didampingi Kasi Inteljen Andi Ardiaman SH Kadis BPML Toraja Utara Rita Rasinan , Camat Sopai Marten Panggalo.

Kejari Tana Toraja Jefri P Makapedua didepan para peserta sosialisasi mengatakan, Perlunya pengawalan ” Jaga Desa” agar pelaksanaan kegiatan betul-betul dilaksanakan dengan tepat waktu, Tepat Mutu dan Tepat sasaran.

“Jaga Desa ” dengan melibatkan Kepolisian dan TNI untuk diberdayakan Kamtibmas dan Babinsa untuk mengawasi , membina sehingga terlaksana dengan baik.

Mereka adalah Ujung Tombak untuk mengawasi agar tidak menyalah gunakan pelaksanaan kegiatan tersebut. Tegasnya.

Kami menerapkan pencegahan dengan cara membekali melalui sosialisasi
pemberdayaan Optimalisasi pengelolaan dana desa, Jelasnya.

Kepala Dinas BPML Toraja Utara Rita Rasinan minta kepada kepala lembang (desa) usai mengikuti kegiatan sosialisasi agar betul-betul untuk menggunakan Anggaran Dana Desa sebaik mungkin dan memperhatikan sehingga tidak mendapatkan sorotan, Ungkapnya.

Sementara itu Camat Sopai Marten Panggalo mengatakan mengapresiasi atas pelaksanaan jaga Desa dalam pemberdayaan masyarakat melalui optimalisasi Pengelolaan Dana Desa dengan harapan apa yang didapatkan dalam sosialisasi sekembalinya nanti dilembangnya dapat diterapkan sesuai dengan aturan dan mekanisme, Harapnya.

Laporan : Agen Saldi (Torut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × five =