SPIONASE-NEWS.COM,-PASAMAN SUMBAR – Hari Ulang tahun Pasaman yang ke – 74 tahun pada tgl 8 Oktober 1945 – 8 Oktober 2019. Begitu banyak langkah dan kemajuan yang terjadi, Sudah 15 kali pula engkau dipimpin beberapa bupati hebat, Selasa (8/10/2019).

Bupati Pasaman Yusuf Lubis

Mulai dari Darwis Taram, Basrah Lubis, Bahrumsyah, A.M Jalaluddin L. Dt. Sibungsu, A. Muis Dt. Rang Kayo, Marah Amir Marah Magindo, Johan Rivai, Bongar Sutan Pulungan, Zainoen, Syahruzi Ismail, Rajuddin Noeh, Taufik Martha, Baharuddin R, Yusuf Lubus, Benny Utama hingga kembali ke Yusuf Lubis.

“Semoga Pasaman lebih baik dan maju ke depannya,” ucap dan harap warga Pasaman.

Wakil Bupati Atos Pratama

Di sisi lain, dalam histori. Kabupaten Pasaman adalah salah satu kabupaten di provinsi Sumatra Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Lubuk Sikaping.

Kata pasaman berasal dari Gunung Pasaman, Pasaman yang diambil dari bahasa Minangkabau yang berarti persamaan. Hal ini merujuk kepada masyarakat heterogen yang tinggal di kabupaten ini.

Sedangkan di dalam bahasa Mandailing kata pasaman yang memiliki arti yang sama dengan bahasa Minangkabau.

Uniknya, masyarakat Pasaman mempercayai, kalau hidup bermasyarakat di Pasaman, harus pas baru aman. Istilah ini kerap menjadi nasehat bagi para perantau yang ingin mengadu nasib di Pasaman.

Laporan : Agen 074 Ris (Sumbar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 3 =