SPIONASE-NEWS.COM.- ENREKANG – Merica dan Cengkeh merupakan bagian dari tanaman komoditas sub-sektor perkebunan yang sebagian besar diusahakan oleh perkebunan rakyat, Enrekang, Senin (14/10/2019).

Hasil utama tanaman cengkeh tersebut ialah bunganya, yang dipanen pada saat kelopak bunga belum mekar untuk sampai pada tahap pemetikan hasil panen dibutuhkan jangka waktu bertahun-tahun, di samping itu juga pengolahannya yang begitu rumit untuk bisa sampai pada tahap penjualan.

Demikian halnya dengan tanaman merica yang merupakan tanaman jangka panjang dimana perawatan dan pengolahannya yang begitu rumit.

Belakangan perkembangan pemasaran kedua jenis tanaman tersebut menuai keluhan masyarakat, khususnya di Desa Buntu Pema Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang. Keluhan tersebut terkait dengan ketidakstabilan harga Cengkeh dan Merica di pasar yang terbilang jatuh.

Juhadan, salah seorang petani di desa tersebut mengisahkan kekecewaannya terhadap situasi tersebut, “Bagaimana tidak, harga cengkeh terbilang Murah dan tidak stabil; biasanya harga normal cengkeh sampai kering mencapai harga ratusan ribu ke atas, tapi hingga hari ini harga cengkeh tidak normal karena hanya di hargai 65/Kg.

Di samping itu proses pemetikan juga rumit, Perontokan sampai pada pengeringan, sedangkan merica yang harga normalnya biasanya dapat mencapai ratusan ribu ke atas kini hanya dihargai 30 ribu saja per-Kg,“ tutur Juhadan mengeluh.

Lebih lanjut Juhadan berharap kondisi ini mendapatkan perhatian pemerintah, mengingat tanaman tersebut merupakan bagian mata pencaharian utama masyarakat setempat.

“Sebagai petani tanaman tersebut, yang bergantung pada hasil dari pertanian cengkeh dan Merica, kami menaruh harapan kepada pemerintah agar kiranya untuk dapat distabilkan harganya, sebab dari sanalah kami menaruh harapan untuk menyambung kehidupan kami sebagai petani kedua tanaman jangka panjang tersebut, “ Tutup Juhadan penuh harap.

Laporan : Agen 054 Mansyar M (Ekg)
Editor : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × two =