SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Tim Gabungan Kabupaten Toraja Utara terdiri dari Dinas Dukcapil, Satppl PP , Kepolisian, TNI, BNN Kab Tana Toraja melakukan Inpeksi Mendadak (Sidak) ditempat pemilik Rumah Kost yang difasilitas Dinas Kesbangpol Toraja Utara dengan mengambil Star dikantor Kelurahan Tallunglipu Kecamatan Tallunglipu Toraja Utara Provinsi Sulsel, Jumat (18/10/2019).

Sidak hari pertama penertiban rumah kost yang dilakukan tim petugas gabungan menyasar tempat rumah kost yang berada di Kecamatan Tallunglipu Toraja Utara, tepatnya di Lingkungan Lampan dengan memeriksa surat perizinan bagi pemilik rumah kost dan melakukan test urin kesehatan terhadap warga yang tinggal dalam rumah kos tersebut.

Penertiban rumah kost yang dilakukan setiap tahunnya dalam mengantisipasi dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat daerah pariwisata dipimpin langsung kepala Kesbangpol Toraja Utara DT Rantematasak.

Setelah menyasar Ka’kondongan kemudian petugas gabungan berpindah ke rumah kost lainya yang berada di Randangan nampak terlihat petugas BNN Kabupaten Tana’ Toraja memeriksa kesehatan sejumlah pekerja cafe dan Karaoke yang berada di jalan Poros Rantepao – Sadan.

Kepala Kesbangpol Toraja Utara DT Rantetasak saat ditemui disela-sela kesibukan kegiatan sidak menuturkan , Pihaknya melakukan sidak dalam rangka penertiban rumah rumah kost selama dua hari 17 – 18 Oktober 2019 di Kecamatan Tallunglipu dan Kecamatan Rantepao dengan melibatkan dinas terkait dalam mengantisipasi dan menjaga kamtibmas daerah patiwisata ini.

Penertiban yang dilakukan Tim terpadu memberi kenyamanan dan pelayanan dengan cara prefentif sesuai dengan budaya Toraja untuk mengantisipasi dini hal-hal yang dapat memicu yang kita tidak inginkan terjadi baik dilingkungan internal maupun ditetangga yang dilakukan orang yang tidak bertanggungjawab, Ungkapnya

Kata Rantetasak, Kami sebagai pemerintah yang peduli dengan masyarakat tentunya memberi kenyamanan dan pelayanan kamtibmas yang berada pada pemukiman rumah kost karena yang terbanyak rumah kost didaerah ini yaitu kecamatan Tallunglipu. Tutur DT Rantetasak.

Camat Tallunglipu Daud Pala’langan SE didampingi Lurahnya menambahkan , Bahwa sangat mengapresiasi dan mendukung pemkab Toraja Utara melakukan sidak penertiban rumah kost dalam mengantisipasi dan menjaga kamtibmas dalam wilayah kerjanya.

Untuk kecamatan Tallunglipu terdapat kurang lebih 800 tempat rumah kost yang tersebar disejumlah Lembang dan kelurahan.

Ia berharap kepada pemilik dan penghuni rumah kost untuk kerjasama dan mendukung pemerintah dalam menjaga Kamtibmas khusus jam berkunjungan tamu untuk mendapat perhatian, Harapnya.

Lapor : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 1 =