SPIONASE-NEWS.COM, – TORAJA UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara (Torut) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyalurkan 48 unit tempat pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos (Komposter) bagi 12 Desa Wisata di Toraja Utara.

Bantuan tersebut merupakan hasil dari usulan kepada Dinas Pemberdayaan Lingkungan Hidup (DPLH) Provinsi SulSel Tahun anggaran 2019. Ke-12 Desa Wisata tersebut adalah Desa wisata Kecamatan Balusu, Pa’paelean Kecamatan Sangalangi, Sangbua Kecamatan Kesu, Lembang Nonongan Kecamatan Sopai, Limbong Kecamatan Rantepao, Tikala Kecamatan Tikala, Kecamatan Sesean, Mataallo Kecamatan Sesean Suloara, Benteng Mamullu Kecamatan Kapalapitu, Pantanakan Loll Kecamatan Kesu, Kelurahan Nonongan Kecamatan Sopai Andulan Kecamatan Sa’dan, Suloara Kecamatan Suloara.

Berkaitan dengan bantuan tersebut, Staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Drs. Yonathan Mantirino di Kantornya Jumat (25/10/2019) membenarkan adanya penerimaan bantuan bagi 12 desa wisata di Toraja Utara yang sebelumnya telah mereka usulkan untuk pemberdayaan lingkungan setempat.

“Komposter ini sebagai tempat sampah organik dan pengolahan sampah menjadi pupuk kompos yang sangat bermanfaat untuk tanaman Holtikultra,” Ungkapnya.

Yonathan juga menjelaskan bahwa pihaknya berkoloborasi dengan lingkungan hidup dalam mendukung pengembangan daerah wisata Toraja Utara yang merupakan bagian dari destinasi wisata andalan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami berharap ke depan program bantuan ini dapat berlanjut untuk menunjang kebutuhan dalam memberi pelayanan kebersihan lingkungan bagi pengunjung yang datang berwisata di daerah ini,” tutup Yonathan berharap.

Reporter : Agen Saldi
Editor : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − seven =