SPIONASE-NEWS.COM,- PASAMAN SUMBAR – Pasaman maju selangkah lagi, Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis SH, M.Si meresmikan beroperasinya gedung baru Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Unit Hemodialisa (Cuci Darah) RSUD Lubuk Sikaping, yang diresmikan langsung oleh Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis SH.M.Si di Pasaman, Senin (28/10/2019) Siang.

Peresmian bangunan yang didanai dari Dana Alokasi khusus (DAK) yang telah dimulai dari Tahun Angaran 2012 lalu, namun baru terlaksana di tahun Anggaran 2018 ini, dihadiri Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping Cut Cornelia, Kepala Kejaksaan Negeri Lubuk Sikaping Adhryansayah, Kapolres Pasaman AKBP. Hendri Yahya,SE , Kepala BPJS Pasamn dan Sejumlah kepala OPD beserta Sekretaris di Lingkungan Pemkab Pasaman.

Dalam pidato sambutannya Yusuf Lubis mengatakan bahwa pelayanan kesehatan dasar adalah salah satu urusan wajib Pemerintah Daerah berdasarkan Undang-undang Nomor 9 Tahun 2015, Oleh karena itu dengan di resmikannya IGD, ia berharap pasien yang dalam kondisi darurat akan segera mendapatkan penanganan, sementara itu keberadaan unit dan mesin Hemodialisa diharapkan bisa membantu memudahkan dan meringankan biaya pasien cuci darah.

Yusuf Lubis yang didampingi Ketua Dharma Wanita Pasaman juga mengatakan bahwa Gedung IGD, Mesin Hemodialisa, dan program Jamkesda dengan Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato ( JKSS) serta Jaminan Kesehatan Masayarakat Pasaman Saiyo (JKPM-Saiyo) yang membutuhkan Alokasi Anggaran hingga 19,485 Miliar ditahun 2019, merupakan wujud komitmen Pemda dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Pasaman,Jelas Bupati Yusuf.

Pada kesempatan itu Yusuf Lubis juga mengapresiasi semua kemajuan yang telah dicapai RSUD Lubuk Sikaping dibawah pimpinan dr. Yong Marzuhaili, yang telah sukses membawa RSUD Lubuk Sikaping menyandang Status Akreditasi Paripurna (Bintang 5), sesuai ketetapan Komite Akreditasi Rumah Sakit Desember 2018 lalu.

Yusuf Lubis berharap RSUD tidak cepat berpuas diri, karena masih banyak yang mesti di benahi, “Keluhan, kritik dan saran dari masyarakat harus menjadi pemacu semangat untuk terus lebih baik,” pesannya.

Sementara itu, dalam sambutannya direktur RSUD dr. Yong Marzuhaili, mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak yang selalu mendukung pengembangan RSUD Lubuk Sikaping.

“Sebagai Rumah Sakit yang menjadi rujukan dari semua Puskesmas yang ada di Pasaman, kalau bukan karena dukungan semua pihak, kami tidak mungkin mampu melewati proses dan tahapan Akreditasi hingga memperoleh Status Akreditasi Paripurna Bintang 5 seperti sekarang,” ungkapnya merendah.

Kehadiran mesin Hemodialisa yang akan melayani pasien cuci darah setiap hari, ditambah lagi dengan beroperasinya gedung IGD yang baru, dr Yong Marzuhaili optimis bisa meningkatkan pelayanan, dan membantu meringankan beban biaya pasien di RSUD Lubuk Sikaping, Harapnya.

Reporter : Agen Ris074 (Sumbar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 1 =