SPIONASE-NEWS.COM,- BANTAENG – Dalam rangka mengevaluasi kinerja penerapan dana dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulsel, dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, menggelar Rapat Pengendalian dan Evaluasi pelaksanaan kegiatan pembangunan tingkat Kabupaten Bantaeng Triwulan III Tahun 2019 di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Selasa Pagi (29/10/2019).

Dilaporkan oleh Kepala Sub Bidang Pembangunan Manusia, Sultan bahwa sampai pada keadaan september 2019 realisasi pencapaian fisik Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar 60,33 persen, Dana Alokasi Khusus sebesar 48,58 persen, dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) baru mencapai 48,05 persen.

Wakil Bupati Bantaeng, H. Sahabuddin yang membuka acara secara resmi mengatakan bahwa rapat ini memiliki makna sangat penting apalagi mengingat beberapa bulan ke depan kita akan memasuki tahun anggaran baru 2020 dimana sesuai regulasi agar APBD yang akan datang paling lambat disetujui bersama pada tanggal 30 November 2019. Oleh karena itu Wabup mengharapkan kerjasama yang baik dan sinergitas dari seluruh perangkat daerah untuk segera merampungkan RKA perangkat daerah tahun 2020.

“Sampai triwulan ketiga rata rata capaian kinerja baru mencapai sekitar 50 sampai 60 persen, ini msih jauh dari persentase yang kita targetkan yakni 75 persen. Saya harap OPD dapat lebih memanfaatkan sisa waktu yang tersedia karena kita akan memasuki evaluasi triwulan keempat, dan kegiatan yang tidaj bisa dilaksanakan karena alasan teknis sebaiknya dijadwalkan ulang untuk dirampungkan di tahun anggaran berikutnya”, ucap Wabup.

Pada kesempatan itu, dilakukan pula penyerahan penghargaan dalam rangka pengendalian dan evaluasi kegiatan pembangunan tingkat Kab. Bantaeng. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah yang kemudian diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh perangkat daerah.

Untuk kategori kerjasama dan sinergitas diraih oleh Kecamatan Uluere. Kategori ketepatan waktu penyampaian laporan diraih oleh Sekretariat Daerah. Kategori pencapaian tertinggi realisasi kinerja dan keuangan diraih oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian. Terakhir, kategori kesesuaian dengan dokumen perencanaan diraih oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Penyerahan diberikan langsung oleh Wakil Bupati Bantaeng, didampingi Sekretaris Bappeda, Riesa Meylani dan Kepala Inspektorat, Nasruddin.

Laporan : Agen Suarni (Btg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − thirteen =