SPIONASE-NEWS.COM,- ATAMBUA – Personel Pos Dafala Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ mengajak pengrajin kerajinan tangan sebagai Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM) untuk memajukan perekonomian masyarakat melalui koperasi.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin S.Sos.,M.M. di Mako Satgas Pamtas RI- RDTL Yonif Riader 142/KJ, Atambua, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (02/11/2019).

Disampaikan Dansatgas, kerajinan tangan merupakan salah satu peluang dalam usaha untuk memajukan perekonomian masyarakat, salah satu contoh kerajinan tangan dari bahan baku pohon jati, tempurung buah maja dan batu-batu karang.

“Personel kami yang dipimpin Serda Surbakti mengajak warga pengrajin untuk membentuk usaha koperasi, agar hasil usaha warga dapat lebih berkembang,” tuturnya.

Seperti diketahui, masyarakat di Kabupaten Belu didominasi oleh profesi sebagai petani dan peternak, hanya beberapa warga saja yang menggeluti kerajinan tangan yang pemasarannya tidak dapat diharapkan.

“Bahan baku kerajinan tangan yang bisa diolah cukup banyak dan beragam tetapi pemanfaatannya kurang maksimal, ” tutur Dansatgas.

“Tinggal bagaimana masyarakat dapat memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan tambahan. Untuk modal usaha dan pemasaran, bisa dilakukan dengan membentuk koperasi,” imbuhnya.

Seperti yang dilakukan personel Pos Dafala, lanjut Ikhsanudin, mereka berinisiatif memanfaatkan bahan baku yang ada seperti pohon jati, tempurung buah maja dan batu-batu karang untuk dibuat menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual, dan selanjutnya mengenalkan kepada masyarakat hasil kerajinan tangan mereka untuk dapat diproduksi oleh warga sehingga diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

Personel Pos Dafala, Serda Komang mengugkapkan, pihaknya terbuka bagi pemuda di sekitar Pos untuk belajar membuat kerajinan tangan.

“Kami dengan senang hati menerima dan akan mengajarkan pemuda disini untuk belajar membuat kerajinan tangan dan memotivasi mereka untuk meningkatkan perekonokian masyarakat,” ujarnya.

Terpisah, Aje (22) salah satu remaja Desa Dafala menyampaikan terima kasih atas kegiatan yang telah dilakukan oleh personel Pos Dafala.

“Kami mengucapkan terima kasih karena telah diberi ilmu pengetahuan yang baru untuk memanfaatkan potensi alam yang mampu meningkatkan perekonomian kami selain bertani dan berternak,” ungkapnya.

Laporan : Agen 079 Dj/Dispenad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven + 9 =