SPIONASE-NEWS.COM.- ENREKANG – Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat sukarela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan.

Gotong royong merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat, khususnya di Indonesia karena semangat tersebut merupakan falsafah hidup bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia sangat terkenal dengan falsafah hidup gotong royong.

Seperti halnya Di Pelali, Desa Buntu Pema, Kecamatan Curio, Kabupaten Enrekang budaya gotong-royong masih terawat dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini terlihat dengan adanya salah satu warga Dusun Pelali yang mendirikan salah satu rumah panggung dan terlihat antusias masyarakat ikut serta bersama-sama mendukung pembangunan rumah tersebut secara bergotong-royong pada Senin (04/11/2019) lalu.

Muh. Risal salah seorang warga setempat kepada Media Online Nasional Spionase-news.com mengakui bahwa semangat kebersamaan di tempatnya sudah terjalin sejak lama. “Memang di kampung kami Pelali Desa Buntu Pema budaya gotong royong masih terawat sejak dahulu hingga sekarang. Sebagai bentuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dalam budaya, saling membantu tolong-menolong, jika ada hal dan sesuatu yang berat yang ingin dikerjakan tentulah kita membutuhkan banyak orang dalam proses pembangunannya,“ Tutur Risal.

Risal lebih lanjut membeberkan bahwa semangat gotong royong masyarakat di desanya terjadi secara spontan, inisiatif pribadi masyarakat. “Kegiatan seperti ini memang sering kami lakukan tanpa diumumkan atau dipanggil, apabila warga sudah mengetahui bahwa ada salah satu dari mereka yang hendak mendirikan rumah atau pekerjaan lainnya yang ingin dikerjakan dengan banyak orang, maka tentulah warga akan antusias untuk datang membantu,“ akunya.

“Harapannya semoga gotong royong seperti ini akan tetap terawat dalam budaya masyarakat Pelali,“ Tutup Muh. Rizal penuh harap.

Laporan : Agen 054 Mansyar M (Ekg)
Editor : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × four =