SPIONASE-NEWS.COM – TORAJA UTARA – Sebanyak 266 orang dari 86 Lembang dalam wilayah Kabupaten Toraja Utara (Torut) melakukan Penanda-tanganan Pakta integritas sebagai calon Kepala Lembang Toraja Utara Gelombang III tahun 2019 periode 2020 – 2026 yang berlangsung di halaman kantor Bupati Toraja Utara, Senin (04/11/2019) kemarin.

Penandatanganan Pakta Integritas dihadiri oleh Bupati Toraja Utara Dr.Kalatiku Paembonan, Forkopimda Toraja Utara, kasatpol PP, Kadis DPML, ketua panitia, ketua BPL dari masing masing Lembang di 21 kecamatan yang mengikuti pemilihan kepala Lembang tahun 2019 untuk periode 2020 – 2026.

Bupati Dr.Kala’tiku menyampaikan bahwa kantor bupati sudah berpindah ke Panga’ dan gedung kantor bupati lama akan difungsikan sebagai kantor DPRD Toraja Utara dengan Polres Toraja Utara sementara. Jadi tanggal 1 Januari 2020 sudah resmi Polres Torut mulai menjalankan tugas dan fungsinya.

Dr. Kala’tiku juga berpesan kepada para calon kepala Lembang agar apabila terpilih nanti, kepala Lembang perlu memberikan perhatian pada pengembangan adat dan budaya. “Jika nanti siapapun yang terpilih agar segera membentuk lembaga adat bagi yang belum memiliki lambaga adat di wilayahnya. Dan jabatan kepala Lembang ini adalah jabatan pelayanan kepada masyarakat,” pesan Bupati Kala”tiku.

Bupati menghimbau agar panitia pemilihan Lembang diharapkan tidak melakukan pemihakan kepada salah satu calon dan jika ada keberpihakan pada salah satu calon, maka segera mundur dan diganti.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang Toraja Utara Rita Rasinan menjelaskan bahwa kegiatan Penandatanganan Pakta Intrgritas tersebut terkait dengan komitmen bersama dalam memerangi Money Politik, Pencemaran nama (black campaign) terhadap 266 Calon Kepala Lembang di 21 Kecamatan Kabupaten Toraja Utara. Tujuan kesepakatan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan para calon harus mengikuti aturan serta mekanisme dalam pemilihan kepala Lembang. Rita Rasinan berharap para calon kepala Lembang dapat mematuhi aturan yang berlaku, demi menjaga keamanan dan ketertiban sehingga menghasilkan pemimpin yang baik untuk kesejahtetaraan Masyarakat

Laporan : Saldi (Torut)
Editor : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + four =