SPIONASE-NEWS.COM, – ENREKANG – Perayaan Hari Kesehatan Nasional yang ke-55 tahun, yang jatuh pada tanggal 18 November 2019, pada tahun ini membawa kesan yang istimewa bagi Kabupaten Enrekang. Baru-baru ini, Kabupaten Enrekang menyabet sejumlah prestasi yang prestisius.

Hari ini, Jumat (15/11/2019) mengawali pembukaan HKN, dilaksanakan kegiatan Jalan Santai keliling kota Enrekang yang star di Lapangan Abubakar lambogo dan finish di Kantor Dinas Kesehatan Enrekang yang diikuti ribuan massa.

Hadir dalam kegiatan tersebut, selain masyarakat Enrekang, Wakil Bupati Enrekang, Sekda, dan Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala BPJS, Kodim, Polres, para Kepala Dinas SKPD, para kepala puskesmas kecamatan/pustu di seluruh Kabupaten Enrekang.

Berbagai macam hadiah elektronik dan door prize yang diberikan bagi para peserta yang beruntung. Kegiatan ini akan berpuncak pada tanggal 18 November di lapangan Abu Bakar Lambogo, Kabupaten Enrekang Provinsi Sulsel.

Mewakili Bupati Enrekang, Wakil Bupati Enrekang Asman, SE., memberikan pidato sambutannya mengapresiasi kehadiran dan keterlibatan berbagai elemen dalam perayaan Hari Kesehatan Nasional. Dalam pidatonya tersebut Wakil Bupati mengajak semua mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.

“Di samping bagaimana kita mendapatkan penghargaan-penghargaan yang telah dicapai, yang paling utama ialah bagaimana kita hadir untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Enrekang.

Ini merupakan amanat undang-undang. harapan saya ke depannya tidak ada lagi keluhan-keluhan terhadap pelayanan di sektor kesehatan. Kita harus hadir di garda terdepan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di sektor kesehatan,” ujarnya menegaskan.

Lebih lanjut Asman mengajak agar semua jajaran berkomitmen dalam pelayanan masyarakat. Perlu membangun kerja sama seluruh sektor, swasta, pemerintah dan masyarakat. “Saya yakin bahwa ketika kita hanya bersandar pada satu sektor saja tidak akan berjalan. maka jika kita hadir bersama-sama, saling gotong-royong. Maka apa yang ingin kita berikan kepada masyarakat akan kita wujudkan,” ajak Wakil Bupati Enrekang dengan semangat.

Dalam saat yang sama Plt. Kepala Dinas Kesehatan Enrekang Sutrisno, SKM.,MM., menyampaikan kesannya terhadap capaian yang telah diperoleh Dinas Kesehatan. “Tahun ini adalah tahun kebahagiaan bagi sektor kesehatan Enrekang, untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Beberapa fasilitas kesehatan tingkat pratama puskesmas, meraih prestasi utama dan paripurna. Kita adalah urutan ke-6 di Sulsel dan urutan 37 di Indonesia yakni diwakili oleh Puskesmas Baraka, juga Puskesmas Anggeraja, mencapai tingkat utama dan sangat luar biasa, Dari dasar sampai utama.

Tahun ini juga Enrekang mewakili Sulsel peraih tenaga kesehatan teladan tingkat nasional, kategori 30 besar, dari 500 Kabupaten di Indonesia,” ungkap Sutrisno disambut aplaus meriah oleh seluruh peserta HKN.

Sutrisno atau yang biasa di sapa Puang Inno juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Ibu Penggerak PKK yang memberikan pembinaan bagi tenaga kesehatan Kabupaten Enrekang.

Satu prestasi besar diraih Kabupaten Enrekang ialah prestasi sebagai kabupaten Sehat, yang akan diterima pada tanggal 19 November di Kemendagri, Jakarta, diwakili oleh Bupati dan Ketua Persiapan Kabupaten Sehat. “Ini sudah diperjuangkan selama 10 tahun,” kata Sutrisno.

Ia juga mengapresiasi berbagai inovasi yang telah dicapai oleh sejumlah puskesmas dan posyandu, sehingga meningkatkan Indeks Prestasi Daerah sebanyak 25%, terutama inovasi Quick Respond penanggulangan kesehatan.

Laporan : Agen M.Syafar Sakrong
Editor : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − six =