SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Dua Pramakarsa pelaku usaha Toraja Utara yakni Wisma Sandra dan Rumah pemulihan mengadakan pembahasan Dokumen Limbah dan pengeloaan yang berlangsung Di RM Ayam Penyet Ria Rantepao Kab.Toraja Utara, Provinsi Sulsel, Sabtu (16/11/2019).

Kegiatan pembahasan dokumen Limbah dan Pengeloalan lingkungan dibuka oleh Sekretariat Daerah Toraja Utara Rede Roni dengan melibatkan Dinas Terkait dan Masyarakat serta LSM untuk mendapatkan masukan dan saran dalam memperhatikan Limbah dan pengelolaan yang akan dilakukan didaerah ini.

Sekretaris DLH Toraja Utara Herman T Padang menuturkan Bahwa dengan adanya pembahasan Limba dan pengelolaanya dalam pertemuan ini yang di prakarsai pelaku usaha ia berharap dapat memperhatikan pengolahan lingkungan terutama pemerkarsa rumah pemulihan dan wisma untuk memenuhi persyaratan dalam mendapatkan rekomendasi yang selanjutnya perizinan akan dikeluarkan oleh PTSP Toraja Utara.

Kata Herman , terkait keluhan limbah sampah, warga untuk segera koordinasi dengan DLH dan konsultan pemerkasa sudah memberikan beberapa bentuk yang akan dilakukan.

” Untuk Drainase yang sering mengalami tergenang air pada saat musim penghujan warga dapat berkoordinasi langsung dengan dinas terkait, ” Ungkapnya.

Sementara itu salah satu pemerkarsa Ketua Yayasan Pembinaan dan Kesembuhan Batin (Rumah Pemulihan ), Dokter Eden didampingi dr Hermanto Izak saat ditemui media ini usai melakukan pertemuan menuturkan Rumah pemulihan ini menangani bagi pasien ganguan jiwa dan Depresi yang berdiri sejak 2019.

Dalam penanganannya ada beberapa kegiatan yang diberikan bagi pasien ganguan jiwa yang telah diasramakan diantara kegiatan Ibadah, Jelas dr Eden.

Selain itu kegiatan lainya yang dibagi dalam kelas yaitu kelas Bahasa, Ketrampilan, Memasak dan cara bercocok Tanam. ” Penanganan Pasien tersebut harus diberikan kegiatan secara teratur dan rapih yang butuh pembinaan jangka panjang, Ujar Eden.

Kata Eden, Untuk pemulihan ganguan jiwa sifatnya Holistik tidak bisa murni medis saja namun juga harus dilakukan secara spritual dan Sosial yang ditangani secara psikolog.

“Satu paket Pemulihan ganguan jiwa ada disembuhkan dengan medis dan juga ada dengan batin pasien yang diasramakan, ” Tutur dr Eden.

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + five =