SPIONASE-NEWS.COM, – PAREPARE – Usai melaksanakan kegiatan sosialisasi Yayasan Cahaya Pelita Sehati (YCPS) di Balai Ainun Kota Parepare, pengurus YCPS diundang Audiensi dengan Komisi II DPRD Kota Parepare.

Pengurus YPCS Poto bersama Kamaluddin Kadir Anggota DPRD Kota Parepare (tengah kanan baju hitam)

Audiensi yang berlangsung pada Rabu (20/11/2019) tersebut diikuti oleh sejumlah pengurus Inti YCPS didampingi oleh Ketua Dewan Pembina YCPS Dr. Ns. Henrick Sampeangin, S.Kep., M.Kes.

Sejumlah persoalan penting yang dibahas dalam audiensi tersebut yang intinya membangun persamaan persepsi dalam penanggulangan Orang Dengan Gangguan Jiwa yang sedang populer di Kota Parepare belakangan ini.

Pengurus YCPS diterima oleh anggota Komisi II DPRD Kota Parepare Kamaluddin Kadir, S.Sos., MM., Anggota DPRD dari Partai Gerindra tersebut menyambut baik masukan-masukan dari pengurus YCPS untuk meningkatkan layanan dan perhatian bagi ODGJ di wilayah Kota Parepare. “Bahkan saya bermimpi untuk bisa mewujudkan Rumah Sakit Jiwa di Kota Parepare. Kita akan coba pikirkan bersama solusi yang terbaik untuk menangani ODGJ ini,” ujar Kamaluddin.

Lebih lanjut Kamaluddin memberikan sejumlah saran kepada YCPS untuk melaksanakan Fokus Group Diskusi (FGD) terkait ODGJ dengan mengundang berbagai unsur di Kota Parepare, “Komisi II siap memberikan rekomendasi,” tambah Kamaluddin mendukung.

Ia berharap agar YCPS dapat menyampaikan laporan lengkap semua kegiatan yang dilaksanakan kepada Komisi II DPRD Kota Parepare agar mendapatkan dukungan dalam kegiatan penanganan ODGJ di Kota Parepare.

Tidak lupa beliau berpesan agar membangun koordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Pemda Kota Parepare untuk meningkatkan keberhasilan kegiatan ini.

Ia juga menutup dengan menyampaikan jika perlu dapat mengeluarkan kebijakan terkait ODGJ di kota Parepare.

Pengurus YCPS sangat bergembira dengan adanya dukungan DPRD selain dukungan Pemda Kota Parepare. Harapan ke depan, agar penanganan ODGJ dapat dimaksimalkan dengan keterlibatan semua unsur di Kota Parepare ini.

ODGJ kota Parepare sebagian besar bukan masyarakat asli kota Parepare, namun kehadirannya dapat menjadi salah satu persoalan di Kota Parepare. Untuk itu, upaya-upaya selain penanganan juga pencegahan merupakan hal yang harus ditempuh dan Yayasan Cahaya Pelita Sehati yang didukung dengan kerja sama dari Pertamina Terminal Fuel Parepare siap untuk bekerja menangani ODGJ.

Ini akan sangat membantu pemerintah daerah Kota Parepare dalam meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Laporan : Agen 077 PRM/Agen Paulus Tandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen + 7 =