SPIONASE-NEWS.COM – TORAJA UTARA – Kabupaten Toraja Utara mendapatkan bantuan 100 Ekor Kerbau Betina dari Kementerian Pertanian RI Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Balai Besar Veteriner Maros untuk diserahkan kepada 10 Kelompok Tani Toraja Utara.

Bantuan Ternak Kerbau yang disalurkan kepada 10 poktan kegiatan pengembangan ternak ruminansia potong komoditas kerbau lokal TA 2019 diserahkan langsung oleh Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan secara simbolis di Lapangan Tagari Provinsi Sulsel, Selasa (27/11/2019).

Kesepuluh Poktan penerima bantuan Kerbau antara lain Kelompok Tani Angkasa Kelurahan Pa’pakan dan Sarongkua Kelurahan Buntu La’bo Kecamatan Sanggalangi , Kelompok Tani Wongloan dan Sepon Maruang Kelurahan Nonongan Kecamatan Sopai, Kelompok Tani Makmur Jaya Ranteaa kelurahan Tallangsura dan Uru Lembang Misa’Ba’Bana Kecamatan Bontao , serta Poktan To’Sapan Lembang Rantebua dan Siama Kelurahan Buangin Kecamatan Rantebua, Poktan Buntu Tarra Lembang Parinding Kecamatana Sesean , Poktan Kombong Lembang Sadan Andulan Kecamatan Sadan.

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan dalam sambutannya didepan Poktan Toraja Utara mengatakan Dirinya berharap kepada penerima bantuan dapat memelihara dan merawat serta menjaga kesehatan hewan kerbau sebaik baiknya sehingga peningkatan populasi itu tercapai didaerah ini.

Untuk itu ia minta kepada Dinas pertanian yang memiliki tenaga dr Hewan agar turun membantu poktan dalam memberi perhatian terhadap kesehatan hewan sehingga dapat dikembangkan, Ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Toraja Utara Medan Sandabunga didampingi Kabidnya Paulus Tiku Tondok Spt menuturkan Dirinya berharap kepada poktan penerima bantuan agar dapat mengembangkan hewan kerbau betina tersebut sehingga perekonomian mereka makin meningkat kedepan.

Pihaknya akan melakukan pemantauan untuk melihat perkembangan maupun kesehatan hewan sehingga bantuan kerbau betina yang didapatkan 10 ekor tiap poktan dapat berkembang biak dengan baik

Ketua Poktan Sarungkua kecamatan Sanggalangi Yohanis Sula penerima bantuan kerbau ditemui disela-sela penyerahan kerbau menuturkan “Sangat berterimah kasih dengan adanya bantuan yang di berikan oleh pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat daerah ini.”

“Lewat bantuan ini Dirinya akan memperhatikan dan mengembangkan dengan baik demi kesejahteraan bersama poktan yang dibentuk. Untuk itu semoga kedepan program tersebut dapat berlanjut diToraja Utara,” Harapnya.

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + eight =