SPIONASE-NEWS.COM,-TORAJA UTARA – 16 Siswa Tingkat SMP Se Toraja Utara mengikuti Lomba Ma’ Parapa’ (Ma’parapa As Toraja Culture) yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara melalui UPT Museum Pongtiku yang berlangsung di Art Centre Rantepao, Jumat (29/11/2019).

Kegiatan lomba Ma’Parapa’ (cerita yang disampaikan dalam bahasa lisan yang digunakan pada acara rambu tuka atau rambu Solo yang merupakan tradisi budaya masyarakat Toraja dibuka langsung kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara Harli P didampingi Kepala UPT Musium Pongtiku Berti yang Dihadiri Dewan kesenian selaku Juri serta guru bersama siswa peserta lomba.

Kepala Disbupar Toraja Utara Harli P didampingi Kepala UPT Musium Pongtiku Berti sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan lomba Ma’ Parapa’ pertama kali dilaksanakan untuk tingkat SMP didaerah ini.

Toraja kaya dengan budaya salah satunya budaya lisan dimana masyarakat Toraja menyampaikan suatu cerita dalam bahasa lisan (Ma’Parapa’ ), Ungkapnya.

Kata Harli, Museum salah satu wahana atau sarana untuk konservasi dan educasi dalam budaya . Pihaknya melalui UPT museum Pongtiku melaksanakan kegiatan Ma’parapa ” tingkat SLTP Se Toraja Utara

“Ma’parapa” selalu dipakai dalam acara baik rambu solo dan rambu tuka untuk itu kita harus lestarikan tradisi ini dan harus diturunkan kegenerasi muda sehingga tradisi yang bernilai tinggi tetap akan lestari, ” Ucapnya.

Kepala UPT Museum Pongtiku Berti menambahkan, dalam lomba Ma’Parapa yang ikut 16 peserta. Pihaknya telah menyiapkan sejumlah hadiah dan Uang pembinaan bagi peserta lomba yang keluar sebagai juara.

Hadiah yang disediakan bagi juara 1 sampai Juara 3 yaitu Piala, Piagam dan Uang pembinaan sebesar : 3.500.000 dan Juara 2 Rp 2.500.000, serta untuk juara 3 Rp 2.000.000 .

Sedangkan untuk bagi peserta yang meraih juara harapan 1 sampai 3 panitia lomba juga menyiapkan hadiah uang pembinaan.

Dalam Lomba Ma’Parapa ” tingkat SLTP Se Toraja Utara yang pertama kali dilaksanakan Juara I diraih Siswa SMP Negeri I Sanggalangi yaitu atas nama Ayub Salombe.

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three + 11 =