SPIONASE-NEWS.COM, – YOGYAKARTA – Sosok tuyul yang tertangkap jadi tontonan warga, Ada banyak jenis hantu yang dipercayai keberadaannya ada di tengah masyarakat Indonesia. Bahkan jenis makhluk gaib atau yang sering disebut hantu ini bermacam-macam, salah satunya tuyul.

Tuyul sendiri dipercaya memiliki wujud yang dipercayai banyak orang menyerupai anak kecil dengan kepala botak. Umumnya, tuyul dipekerjakan oleh majikan yang merupakan manusia untuk mencuri uang.

Dan baru-baru ini, seorang warga Temu, Pulutan, Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengaku baru saja menangkap sesosok tuyul di sebuah kuburan angker di desanya. Warga yang diketahui bernama Yudarwandi ini mengaku memang menyukai hal-hal gaib sejak masih masih kecil. Bahkan dia juga memiliki ilmu gaib dan azimat warisan dari guru spiritualnya yang berwujud Rajah Asma Syir.

“Saya sejak kecil memang suka hal-hal yang spiritual. Saya lalu dikasih mbah (guru spiritual) saya, yaitu Rajah Asma Syir namanya. Kalau kamu mengamalkan ini dan rajahnya ini, terus tarik napas Insya Allah akan selamat,” ungkap Yudarwandi yang dilansir dari Harian Jogja via Solopos.com, Minggu (24/11/2019).

Lebih lanjut, Yudarwandi mengungkapkan tentang bagaimana dia dapat menangkap tuyul. Pertama kali dia melihat tuyul tersebut muncul di atap rumah tetangganya saat dia pulang dari pengajian pada Jumat (22/11/2019) pukul 23.00 WIB. Ketika akan masuk rumah, Yudarwandi melihat seorang bocah yang dia curigai sebagai tuyul.

Lantas, dengan menggunakan Rajah Asma Syir, warisan gurunya, ia berusaha menangkap tuyul tersebut. Namun sayangnya tuyul tersebut berhasil kabur dengan cara melompat ke sebuah kuburan angker.

“Sosok anak kecil ini di atap rumah orang. Saya langsung turun dari sepeda motor. Saya ikutin petunjuk dari mbah saya dulu. Saya kunci dulu (dengan menggunakan rajah),” sambungnya.

Kemudian dia mengejar tuyul tersebut ke arah kuburan. Sesampainya di lokasi, dia merasakan adanya energi yang mendorong tubuhnya.

“Saya putar balik motor saya ke arah kuburan, benar di situ ada tuyul sudah kelimpungan. Di situ terjadi proses penarikan kembali. Saya merasa sempat didorong sesuatu dari belakang karena itu di kuburan angker. Saya kejar, akhirnya saya hempaskan ke tanah, jadinya seperti ini,” lanjutnya.

Yudarwandi mendapat keluhan dari salah satu warga lantaran kehilangan uang. Semenjak itulah ia mencoba mencari tuyul yang mengganggu warga. Secara tidak sengaja, dalam perjalan pulang dari pengajian di Desa Wiladeg, Kecamatan Karangmojo, Yudarwandi melihat sosok tuyul yang tengah duduk di atap rumah salah satu warga.

Ia langsung menghentikan kendaraan dan mencoba memberikan doa untuk mengunci tuyul. Namun tuyul berhasil lompat dan lari ke arah makam. Yudarwani lantas membawa kendaraannya mencari jalan pintas menuju ke arah dan makam.

Tak berselang lama ia melihat tuyul dengan tinggi 50 cm tengah gelimpungan kesakitan. Tuyul lalu dilumpuhkan dengan doa-doa dan dimasukkan ke dalam wadah yang diisi rajah (doa).

Tuyul tersebut olehnya dimasukkan ke dalam toples dan rencananya akan dilarung di Pantai Ngobaran.

Karena aksinya tersebut, banyak warga yang penasaran dengan sosok tuyul yang berhasil ia tangkap. Bahkan, sudah lebih 2.000 warga mendatangi rumahnya. Rencananya, ia akan membuang tuyul itu ke laut agar tidak meresahkan warga, di sadur dari inews. id.

“Rencananya akan saya larung ke Pantai Langgeran, ke tempat asalnya,” tandasnya.

Laporan : Agen 088 Wawan/inews.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 − two =