SPIONASE-NEWS.COM, – TORAJA UTARA – Bupati Toraja Utara Dr. Kalatiku Paembonan mengatakan bahwa Pelayanan diberikan harus sejalan dan akan melaksanakan peraturan perundang- undangan secara adil dan saya minta mulai bekerja besok membaca dan mendalami sungguh tugas pokok sebagai kepala pemerintahan membidangi pembangunan dalam kemasyarakatan, sehingga itu penting dipahami, Jelasnya.

Hal itu diucapkan Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan saat melantik 86 Kepala Lembang (Desa) terpilih periode tahun 2020-2026 yang ditetapkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Lembang (PMDL) Toraja Utara yang berlangsung di Gedung Van The Losdrect Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Jumat (03/01/2020).

Lanjut Dr. Kalatiku ada tiga poin yang perlu diperhatikan yaitu pelayanan masyarakat, pemberdayaan masyarakat, pelaksanaan pembangunan serta dapat membuktikan jika orang Toraja adalah pekerja keras.

Sehingga saat mengemban tugas sebagai Kepala Lembang tidak salah di kemudian hari dan hormatilah upaya rakyat dan panitia penyelenggara karena sudah melaksanakan tugas pemilihan dengan baik, Ujarnya.

Dr Kalatiku menambahkan, Buktikan ketulusan dan tidak menonjolkan perintah menyuruh tapi bersama rakyat yakinkan kalau kalian yang terpilih tepat dan saat saya pasangkan tanda jabatan saya yakin kalian siap, jangan sia-siakan lima tahun, jangan tanpa usaha dan tidak bernilai tapi berikan terbaik untuk rakyat agar kalian dicintai rakyat.

“Kalian sudah menjadi kepala pemerintahan tingkat Lembang/Desa masing-masing dan beri contoh kepada rakyat, beri partisipasi dalam nilai demokrasi dan perlu ditumbuhkembangkan yang akan kalian lakukan kedepan,” Ucap Kalatiku

Dr. Kalatiku meminta kepada Kepala Lembang terpilih agar meyakinkan kepada rakyat bahwa pendekatan persaudaraan harus mengembangkan tugas dengan sebaik-baiknya dan di terima rakyat dalam hati.

“Buktikan ketulusan dan tidak menonjolkan perintah menyuruh tapi bersama rakyat yakinkan kalau kalian yang terpilih tepat dan saat saya pasangkan tanda jabatan saya yakin kalian siap, jangan siakan lima tahun, jangan tanpa usaha dan tidak bernilai tapi berikan terbaik agar kalian dicintai rakyat,” tegasnya.

Seraya menambahkan. “Dua kabupaten Toraja ini dikenal sebagai rakyat yang pekerja keras, dan lembang dimaksud sebagai penyelenggara pemerintahan berbasis budaya,” Tuturnya

Sementara, Kadis PMDL Rita Rasinan mengatakan sebanyak 86 Kepala Lembang terpilih dilantik, satu Lembang tidak melaksanakan pemilihan karena panitianya mundur.

“Di batu Limbong tidak dilaksanakan karena bermasalah, panitia tidak melaksanakan, jadi yang terlaksana 86 Lembang/Desa dan itu yang dilantik semua hari ini,” katanya.

Rita berharap, Kepala Lembang sudah dilantik dapat menjalankan tugas sesuai dengan amanat Undang-undang untuk kesejahteraan masyarakat, tingkatkan perekonomian sehingga masyarakat di lembang bisa jalankan kehidupan dengan sebaik baiknya.

Dalam acara pelantikan Kepala Lembang Toraja Utara pengamanan disiapkan sebanyak 193 personel Polres Tana’ Toraja dan satu peleton berjumlah 30 anggota Brimob Yon Parepare serta Anggota Satpol PP Pemkab Toraja Utara.

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + twenty =