SPIONASE-NEWS.COM, – MAKASSAR – Sebanyak 42 Siswa-siswi peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG) SMK Negeri 1 Sorong di Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Industri UMI Makassar telah berakhir dan di lepas untuk kembali ke Papua Barat, Jumat (03/01/2020).

Kegiatan pelepasan yang dilaksanakan di Aula Ir. Liorang Lologau, MT FTI UMI tersebut dihadiri langsung oleh Kepala SMKN 1 Sorong Drs. Heny Herman Weydekamp, M.Pd.

Dari pihak FTI-UMI hadir Wakil Dekan I FTI Ir. Hj. Setyawati Yani, ST., MT., Ph.D., IPM., ASEAN Eng, Wakil Dekan IV FTI Dr. H. Yusri Muhammad Arsyad, Lc., MA, Ketua Jurusan Teknik Pertambangan-FTI UMI Ir. Firman Nullah Yusuf, ST., MT., IPP.

Sejak 3 tahun terakhir atau sejak tahun 2017 sudah ada sekitar 106 orang siswa-siswi SMKN 1 Sorong menyelesaikan Pendidikan Sistim Ganda di FTI UMI Makassar.

“Atas nama siswa-siswi, guru dan pemerintah Kota Sorong mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada seluruh sivitas akademika UMI khususnya FTI-UMI atas kesediaannya bekerja sama dan memberi kesempatan kepada siswa-siswi kami untuk melakukan PSG setiap angkatan selama kurang lebih 2 bulan,” ungkap Drs. Heny Herman Weydekamp, M.Pd. Kepala SMKN 1 Sorong.

Kegiatan PSG SMK Negeri 1 Sorong dari Jurusan Geologi Pertambangan kali ini, mengikuti berbagai rangkaian kegiatan baik di laboratorium maupun di kelas

Kegiatan Praktikum di laboratorium antara lain Praktikum Geologi Dasar, Geologi Struktur, Kristalogragi dan Mineragragi, Peledakan, Stratigragi, Perencanaan Tambang, Perpetaan. Kegiatan praktek lapangan dilaksanakan dengan format kegiatan Fieldtrip di Kampus Lapangan Teknik Pertambangan FTI UMI yang berlokasi di Desa Paludda Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru.

Wakil Dekan 1 FTI UMI, Ir. Hj. Setyawati Yani, ST., MT., IPM., ASEAN Eng. juga menyampaikan terima kasih kepada SMK Negeri 1 Sorong atas kepercayaannya dalam penyelenggaran PSG.

Kata Setyawati, tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaran PSG bagi siswa SMK Negeri 1 Sorong di kampus FTI UMI. Pada tahun 2017, sebanyak 40 siswa SMK Negeri 1 Sorong mengikuti PSG di kampus FTI UMI. Sementara, pada tahun 2018, 24 siswa. Jika diakumulasi, total siswa SMK Negeri 1 Sorong yang mengikuti PSG di kampus FTI UMI dalam 3 tahun terakhir, yakni 106.

“FTI UMI sangat peduli untuk berbagi dengan memajukan pendidikan, termasuk pendidikan teknologi pertambangan bagi anak-anak Papua, khususnya dari SMKN 1 Sorong Papua Barat,” kata Setyawati Yani yang mewakili Dekan saat melepas guru dan siswa peserta PSG di kampus FTI UMI, Jumat pagi tadi.

Semoga jalinan kerjasama ini mampu memberi manfaat dan nilai tambah dalam peningkatan kualitas SDM anak bangsa khususnya generasi masa depan Indonesia yang ada di Kawasan Timur Indonesia.

FTI-UMI Makassar dengan segala keterbatasan yang ada akan terus berusaha, berupaya untuk terus peduli dan berbagi agar bisa mengambil peran dalam memberi kontribusi nyata dan positif pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kawasan Timur Indonesia sesuai dengat tagline #FTIUMIKEREM: Sharing is Caring.

Laporan : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen + 4 =