SPIONASE-NEWS.COM, – PAREPARE – Walikota Parepare, HM Taufan Pawe meninjau sejumlah rumah dan bangunan yang rusak pasca angin kencang.

Kunjungan tersebut dilakukan di Kelurahan Bumi Harapan, Cappa Galung, Tonrangeng, Soreang, serta Lapadde Kota Parepare, Senin (06/01/2020).

Hadir dalam kunjungan tersebut Wawali Pangerang Rahim, Sekda Iwan Asaad dan Kepala OPD.

Taufan Pawe

mengatakan dirinya ingin melihat sendiri warganya yang terkena bencana kemarin.

“Saya mau melihat secara faktual, bagaimana nasib warga saya yang terkena musibah angin kencang kemarin,” jelas Taufan Pawe.

Lanjutnya, Pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan ganti rugi kepada warga yang terkena musibah dan akan diberikan segera. “Saya sudah perintahkan, berikan bantuan pangan dan papan yang bersifat darurat dan akan diberikan dalam waktu paling lambat 3 hari karena kami butuh validasi,” kata Taufan kepada media yang hadir meliput.

“Kalau kerugian di bawah 5 juta, itu urusan BPBD, kalau di atas 5 juta, itu melalui BKD,” jelas Taufan Pawe menambahkan.

Bukan hanya itu, di lokasi bencana, Taufan bahkan memberikan terpal kepada warga sebagai bentuk simbolisasi perhatian pemerintah. “Itu sebuah keharusan,” ujarnya.

Selain itu, Taufan juga menghimbau dan mengedukasi warga akan potensi bencana susulan. “Untuk pohon besar yang masih muda, pangkas rantingnya saja. Kalau yang sudah tua, tumbangkan,” tandasnya menghimbau.

Sementara itu, salah satu warga di Kelurahan Bumi Harapan, Jumiati berterima kasih atas kunjungan rombongan Walikota tersebut.

“Saya bersyukur pak Wali sudah mau datang, apalagi di sini kami butuh tenda untuk berteduh,” ungkap Jumiati.

Saat ini, menurut data sementara BPBD Kota Parepare, sebanyak 137 rumah mengalami kerusakan berat, rusak sedang sebanyak 72 rumah, dan rusak ringan sebanyak 227 rumah.

Laporan : Agen 095 Asri M
Editor : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × five =