SPIONASE-NEWS.COM,- PAREPARE – Menyikapi situasi bencana alam belakangan ini, Dandim 1405/Mlts Letkol Kav Ali Syahputra Siregar SH., M.H., mengajak masyarakat untuk melaksanakan aksi penanaman pohon secara serentak di wilayah rawan bencana, Rabu (16/1/2020).

Aksi penanaman pohon tersebut dilaksanakan pada Kamis, 16 januari 2020, pukul 09.35 Wita. Letkol Kav Ali Syahputra siregar tidak hanya mengajak, namun ia sendiri bahkan turun memimpin aksi tersebut.

Ikut serta dalam aksi penanaman pohon ini, Lettu Inf Sukardi Asa (Danramil 140-0/Mlts Kec. Ujung), Kapten Inf Sadar (Danramil 1405-02 Kec. Soreang), Tripika serta Babinsa dan Babinkamtibmas, polri serta masyarakat.

Area yang menjadi target antara lain di area sekitar Sungai Salo Karajae, Jl. Jend. M. Yusuf Kelurahan Wattang Bacukiki Kecamatan Bacukiki, Jl. Ahmad Yani Km 7 belakang Dolog Parepare Rt. 004 Rw. 008 Kelurahan Lapadde Kecamatan Ujung, Jl. Pelabuhan Rakyat Kelurahan Kampung Pisang Kecamatan Soreang.

Dalam sambutannya saat Apel pembukaan, Letkol Kav Ali Syahputra Siregar, mengingatkan warga masyarakat akan peristiwa banjir yang lalu. “Kegiatan penghijaun ini di tepian sungai solo karajae yg mana pada minggu lalu airnya meluap ke perkebunan warga sekitar, utk itu mari kita sama-sama melaks penanaman pohon jenis bambu yg sdh disiapkan,” kenangnya mengingatkan.

“Saat ini para Babinsa juga akan mencari lahan-lahan tandus lain yang memang membutuhkan rehabilitasi karena kita ketahui bersama kita telah mengalami bencana alam banjir yang telah merusak tanaman masyarakat,” ungkap Dandim lebih lanjut.

Ia juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama mencintai alam dan mewujudkan bagaimana rasa peduli terhadap lingkungan hidup, ruang terbuka hijau yang juga dapat diungkapkan dalam bentuk pembuatan pori-pori untuk resapan air.

Jumlah pohon yang ditanaman sekitar 1000 pohon dengan 5 jenis pohon yaitu Jati Putih, Mahoni, Jabon, Jambu mente dan Pohon Bambu (Tepian Sungai).

Aksi yang mengundang antusias warga masyarakat setempat, berakhir pukul 10.05 Wita. Seluruh rangkaian kegiatan penanaman pohon serentak di Wilayah Kodim 1405/Mlts meliputi juga wilayah lain sekitarnya, seperti di Kabupaten Barru.

Laporan : Agen Jumardin
Editor : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + 2 =