SPIONASE-NEWS.COM, – PAREPARE – Pelda Haeruddin Ws Danramil 1405-08/Tanete Riaja dan Serma Amir bagian Unit Intel Kodim 1405/Mlts, melaksanakan pemeriksaan terhadap aktifitas penambangan di Lokasi Tambang Galian C di wilayah Kodim 1405-08/Tanete Riaja. Pemeriksaan dilaksanakan pada, Selasa (21/1/2020).

Pemeriksaan tersebut dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari laporan warga setempat yang merasa terganggu dengan kehadiran tambang tersebut.

Hasil investigasi menemukan bahwa tambang tersebut milik Metta, 30 tahun, warga Lingkungan Maruala Kelurahan Lompo Riaja Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru.

Masyarakat setempat menuturkan bahwa aktifitas tambang tersebut tidak memperhatikan dampak lingkungan, terutama menyebabkan area jalan di sekitarnya menjadi licin karena mobil pengangkut materiil (tanah) dari lokasi tambang melewati jalan poros menuju Soppeng. Ini dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas, terutama di saat musim hujan.

Beberapa upaya yang dilakukan antara lain melalui koordinasi dengan Muzakkir, S.Sos., M. Si, Camat Tanete berkaitan dengan keberadaan Tambang Galian C ini.

Camat menyampaikan bahwa tambang tersebut tidak memiliki Izin maupun Rekomendasi dari Dinas Perizinan Kabupaten Barru.

Sementara itu, menurut informasi dari Kaharuddin kepala Lingkungan Maruala, yang berada di lokasi tambang, menjelaskan bahwa tambang beroperasi kemarin pada hari Minggu (20/01/2020) dan untuk hari ini belum beroperasi karena kemungkinan jalan dari tambang menuju ke jalan poros masih berlumpur.

Ketika dilaksanakan pemeriksaan di lokasi tambang, tidak dijumpai aktifitas para pekerja tambang. Pemerintah setempat akan menegur Metta, selaku penanggungjawab tambang tersebut untuk memperhatikan faktor keselamatan bagi pengguna jalan, karena mobil tambang pemuat meteriil tanah timbunan sering melebihi volume, yang menyebabkan berjatuhan ke jalan sehingga berdampak pada jalanan licin dan berlumpur pada saat hujan.

Laporan : Agen Jumardin
Editor : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − 6 =