SPIONASE-NEWS.COM, – PAREPARE – Perayaan Imlek telah dimulai hari ini, namun arus mudik sudah mulai tampak ramai sejak kemarin hingga malam.

Hari ini, 25 Januari 2020, arus mudik terjadi di sejumlah ruas jalan didominasi oleh warga China. Tampak warga Tao Lotang, salah satu aliran kepercayaan yang berada di wilayah Ajattappareng, dan berpusat di Amparita Kabupaten Sidrap dan di kecamatan Bacukiki Kota Parepare, meakukan kegiatan perayaan Imlek.

Sejak kemarin Warga Tao Lotang mulai mudik dari Kabupaten Sidrap menggunakan ratusan kendaraan, kurang lebih 130 unit mobil memadati jalan poros Sidrap-Pare, utamanya di jalur poros arah Makassar melalui kecamatan Bacukiki Parepare.

Tujuan mereka mendatangi salah satu tempat ibadah, di salah satu bukit yang ada di Bacukiki. Beberapa Mobil mewah menghiasi perjalanan mereka dan ada mobil plat merah diiringi dengan sirene.

Menurut pernyataan salah seorang warga asli Tao Lotang, Syamsir Mallinoang melalui via telepon oleh media ini, bahwa warga mereka setiap awal tahun di bulan Januari mengadakan upaca peringatan Tahun Baru Imlek.

“Saya, tahun kemarin dilantik menjadi kepala adat di Kabupaten Sidrap, untuk warga Tao Lotang dengan tanda rumah saya yang ada di sana direnovasi menjadi salah satu rumah adat warga kami,” lanjut Syamsir yang biasa dipanggil Andokang.

Pada tempat yang terpisah salah seorang tokoh masyarakat Tao Lotang yang berdomisili di Bacukiki Parepare Uwak Zainuddin membenarkan hal tersebut. “Ini adalah ritual tahunan kami, Kami berkumpul bersembahyang mempersembahkan sesajen ke Dewata Sewa’e agar setahun ke depan kehidupan kami makmur dan dilindungi dari musibah,” ungkapnya.

Laporan : Agen 090 Syakur Fery
Editor : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − 5 =