SPIONASE-NEWS.COM, – PAREPARE – Di era Revolusi Industri 4.0 ini persaingan perguruan tinggi, khususnya bidang kesehatan semakin ketat, terutama dengan lahirnya kebijakan Kemendikbud Nadiem Makarim tentang kewajiban monitoring dan evaluasi terhadap penyelenggaraan perguruan tinggi, khususnya dalam hal akreditasi baik institusi maupun akreditasi Program Studi (Prodi).

Ns Yunita Patinggi, S. Kep. M. Kep (Ketua Prodi Diploma III Keperawatan)

Merespon situasi tersebut, Akademi Keperawatan (AKPER) Fatima Parepare mempersiapkan diri dengan kegiatan re-Akreditasi Program Studi Diploma III Keperawatan.

Saat ditemui media Nasional Online Spionase-News.Com, di Kampus Akademi Keperawatan Fatima Parepare, Ketua Program Studi Diploma III AKPER Fatima Parepare Ns. Yunita Palinggi, S.Kep., M.Kep mengemukakan bahwa tahun ini Prodi Diploma III Keperawatan AKPER Fatima Parepare menargetkan untuk mencapai akreditasi B Program Studi Diploma III Keperawatan, Sabtu (1/2/2020).

“Kami saat ini sudah mulai proses reakreditasi Program Studi, dan sudah memasuki tahap pendampingan fasilitator LAM-PTKes. Sebelumnya kami nyaris mendapat akreditasi B karena jatuh di ketersediaan SDM, saat ini kami bekerja keras untuk target Akreditasi B Program Studi, karena kekurangan yang lalu di SDM sudah terpenuhi, terutama untuk 5 tahun ke depan,” demikian jelas Yunita Palinggi.

Wanita kelahiran Kota parepare tersebut bahkan menegaskan bahwa salah satu indikator yang diperbaiki untuk mencapai Akreditasi ialah manajemen pengelolaan Institusi dan Prodi, minimal memenuhi standar nasional Pendidikan Tinggi.

“Kami sudah upayakan untuk membenahi manajemen pengelolaan Institusi dan Program Studi, karena hal itu juga menjadi salah satu penentu kinerja pengelolaan institusi dan program studi yang berkualitas,” tambah Yunita yang juga bergabung di organisasi Profesi Hipmebi Sulawesi Selatan.

Ke depan Yunita palinggi berharap apa yang sedang dipersiapkan ini, dapat terwujud, terutama saat Asesmen Lapangan nanti dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

Laporan : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 − three =