SPIONAS-NEWS.COM,-TORAJA UTARA – Anggota DPRD Toraja Utara dari Komisi I Agustinus Parrangan turun melakukan reses di RSUD Pongtiku Lembang Buntu Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara, Jumat (07/02/2020).

Legislator yang juga Ketua Fraksi Hanura DPRD Torut saat reses di RSUD Pongtiku dalam menyerap aspirasi di hadiri Direktur RSUD Pongtiku bersama Kasi dan Kepala Perawatan. Dalam pertemuan ada beberapa hal yang disampaikan kepada dewan untuk mendapatkan perhatian termasuk tipe RSUD Pongtiku yang sementara ditingkatkan dari tipe D menjadi RSUD Tipe C agar pelayanan dari segi struktur Kelembagaan maupun standar pelayanan pasien lebih optimal lagi.

Ditambahkan bahwa
tahun 2019 lalu RSUD Pongtiku mendapat rekomendasi (catatan) dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan yang paling mendesak adalah pembangunan infrastruktur jalan , air dan penerangan jalan guna memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan
serta tranportasi kendaraan umum karna ( tidak semua masyarakat memiliki kendaraan pribadi ) menuju kerumah sakit ” Ungkap Dirut RSUD Pongtiku dr Remen .

Sementara itu Wakil rakyat yang cukup dikenal dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat yang panggilan akrabnya AP usai menyerap dan menghimpun aspirasi kemudian meluangkan waktu meninjau fasilitas di ruang UGD dan pengelolaan administrasi managemen RSUD Torut, Sekaligus menyapa beberapa pasien yang menunggu antrian.

Kepada wartawan AP menuturkan bahwa dirinya sebagai wakil rakyat sengaja melakukan reses di lokasi RSUD Pongtiku ini agar bisa mendengar dan melihat langsung model pelayanan kepada masyarakat apalagi ini menyangkut pelayanan dasar kita usahakan masyarakat harus betul betul merasakan kehadiran pemerintah untuk rakyatnya, Ujar AP.

Saya akan mendorong Pemerintah daerah untuk lebih konsen dengan Rekomendasi Komisi Akreditasi dari Kementrian Kesehatan, Tegasnya lagi.

Karena ini adalah rumah sakit umum, maka tentunya fasilitas penunjang yang sifatnya umum pun harus dibenahi misalnya akses jalan yang tidak pernah ada peningkatan dan perbaikan sejak diresmikan termasuk trayek angkutan umum (angkot) serta fasilitas air bersih, kasihan ini rumah sakit karena disatu sisi terkadang kita terlalu menuntut banyak tapi dibagian lainnya seolah-olah kita pun setengah hati dalam hal menganggarkan pembangunannya, Seperti akses jalan, angkutan umum, air bersih dan penerangan lampu jalannya, ujar Agust Parrangan dengan sedikit kesal.

Dibagian lainnya saat meninjau ruang pelayanan, AP mengapresiasi semangat para dokter dan perawat serta bidan yang nampak tidak pernah lelah dalam memberi pelayanan prima pada pasien sekaligus mengajak Direktur RSUD dan staf lebih kompak dan bersinergi menjawab amanah PP 72/2019 pasal 123 menyangkut pola pengelolaan keuangan Badan layanan Umum Daerah (BLUD) yang sudah wajib diberlakukan di RSUD Pongtiku.

Saya akan memantau dan berjuang bersama teman teman di Lembaga Khususnya Komisi 1 DPRD untuk membantu pak Direktur dalam hal pembentukan BLUD ini sehingga kedepan tidak boleh lagi ada keluhan dalam rangka pelayanan pada pasien karena alasan birokrasi anggaran yang terlalu berbelit belit karena dengan hadirnya BLUD ini kemandirian rumah sakit dari sisi belanjanya akan lebih optimal yang pada akhirnya semua ini untuk kesejahteraan masyarakat Toraja Utara yang kita cintai, Tutup AP

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × four =