SPIONASE-NEWS.COM,- MAKASSAR – Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia atau IPEMI adalah ormas yang menyatukan pengusaha Muslimah Indonesia yang dalam salah satu Visinya adalah menjadi wadah bagi kekuatan sosial kemasyarakatan.

Visi ini diwujudkan dengan inisiatif berbagi beras dari para pengurus, anggota dan donatur yang dikemas dengan tajuk “Tanggap Wabah Covid-19 IPEMI Kota Makassar Berbagi Beras”. Makassar, (1/04/2020).

Ketua IPEMI Kota Makassar, Dr Aerin Nizar menjelaskan bahwa kegiatan ini berangkat dari keprihatinan salah satu Wakil Ketua, Ibu Farah Wasilah Usman yang memikirkan dampak pembatasan pergerakan masyarakat untuk memutus mata rantai sebaran virus Covid-19, dengan turunnya pendapatan harian masyarakat yang bekerja di sektor informal seperti driver ojol, buruh harian, penjual asongan & makanan kecil, tukang batu, tukang becak, pemulung dan kaum dhuafa.

Para pekerja informal inilah yang paling merasakan dampak dari kebijakan pemerintah dan swasta untuk melakukan Social Distancing, Work from Home dan School From Home untuk menghindari wabah virus Covid19 dikarenakan orang-orang tidak lagi bekerja, ke sekolah, buka toko, berkumpul atau melakukan kegiatan rutin lainnya.

Dari kekhawatiran itulah kemudian, tercetuslah ide berbagi beras sebagai makanan pokok membantu para pelaku sektor ekonomi non formal yang terdampak dari pembatasan interaksi sosial karena penyebaran virus dan terutama bagi mereka yang masih harus tetap bekerja setiap hari ditengah ancaman virus corona yang menakutkan banyak orang ini.

Gerakan open donasi beras kepada anggota dan Pengurus IPEMI ini dibuka sejak tanggal 29 Maret 2020 dan dalam waktu 2 hari saja telah terkumpul 157 kantong beras dari target awal sebanyak 100 kantong beras, dan masih berlanjut hingga hari ini Rabu tanggal 1 April, Dan in shaa Allah akan mulai didistribusikan tahap pertama penyebaran beras dimana di tiap tahap disebar 50 – 60 kantong isi 5 kg, jelasnya.

Menurut Ketua IPEMI Kota Makassar, Dr. Aerin Nizar, bahwa yang IPEMI Makassar lakukan saat ini hanyalah sebuah gerakan inisiatif kecil saja, “Namun, meski begitu, saya sangat berharap meski skalanya kegiatan kami kecil, gerakan ini bisa menjadi inspirasi bagi komunitas atau organisasi lain di Kota Makassar untuk ikut bergerak bersama membantu saudara-saudara kita dan menjadikan ini sebuah gerakan sosial yang besar di tengah bencana wabah virus Covid-19 yang telah menimpa kita semua”, demikian pungkas Dr. Aerin.

Laporan : Agen 011 DN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen − 2 =