SPIONASE-NEWS.COM, – PAREPARE – Pada tanggal 16 April 2020 pukul 09.00 Wita pagi, telah dilaksanakan penggalian liang lahat untuk pasien PDP atas nama Saudari Rismayadi, 23 tahun, Mahasiswa, yang merupakan warga Jl. Puti Abeng lingkungan 1 Empangae RT 01/RW 03, Kelurahan Empagae Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap, Kamis (16/4/2020).

Lokasi pemakaman disiapkan di Jl. Pekuburan Umum Bilalangnge RW.4/RT.2 Kelurahan Lemoe Kecamatan Bacukiki Kota Parepare.

Hadir dalam proses persiapan pemakaman tersebut antara lain Letkol Kav Ali Syahputra Siregar S.H.,M.H (Dandim 1405/Mlts), Saharuddin, S.E (Camat Bacukiki), Kapten Inf Basri (Danramil 1405-03/Bacukiki), Kapten Inf. Agus S (Pasi Intel Kodim 1405/Mlts), AKP Slamet (Kasat Intel Polres Parepare), Lettu CPM Aryo Pambudi (Pasi Gaktib Denpom Parepare), Nurhaya S.Sos (Lurah Kel. Lemoe).

Personel pengamanan yang siaga di lokasi terdiri dari personil Polres Parepare ± 10 orang, didukung oleh Personel Denpom Parepare 3 orang, serta tim BPBD berjumlah 5 orang.

Persiapan pemakaman tersebut bermula pada pukul 07.30 Wita, ketika Pasien PDP dinyatakan meninggal dunia oleh pihak RSUD Andi Makkasau Parepare.

Setelah mempersiapkan jenazah, pihak RSUD Andi Makkasau Parepare melakukan koordinasi kepada Sekda Kota Parepare untuk menjalankan SOP pemulasaran dan persiapan pemakaman, serta koordinasi dengan Pemkab Sidrap untuk kepastian tempat pemakaman pasien PDP Covid-19.

Mengantisipasi kesulitan lokasi pemakaman jenazah korban Covid-19, pemerintah kota Parepare, pada pukul 09.00 Wita, mempersiapkan lokasi alternatif di Perkuburan Bilalange, yang segera dilakukan penggalian liang lahat oleh tim gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Parepare dengan dipantau langsung oleh Dandim 1405/Mlts dan dikawal oleh personel Polres dan Denpom VIX-2 Kota Parepare.

Pukul 09.55 Wita, muncul informasi dari Dr. Hj. Halwatiah S.Kep,Ners., S.K.M (Plt Kadis Kesehatan Parepare) bahwa hasil koordinasi dengan Pemkab Sidrap, disepakati agar Pasien PDP Corona yang meninggal tersebut dipulangkan saja dan dimakamkan di Empagae Kabupaten Sidrap.

Tepat Pukul 10.00 Wita, Dandim 1405/Mlts, meninggalkan tempat pemakaman menuju ke RSUD Andi Makkasau untuk memonitoring proses pemberangkatan jenazah tersebut menuju ke Kabupaten Sidrap dan dikawal oleh personel Polres Kota Parepare.

Laporan : Agen Jumardin
Editor : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − 19 =