SPIONASE-NEWS.COM,- MAKASSAR – Pemerintah telah menerbitkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/257/2020, pada Hari Kamis, 16 April 2020 lalu.Dalam surat balasan ini Menteri Kesehatan Menyetujui Surat Keputusan PSBB (Pemberlakuan Sosial Berskala Besar) di Kota Makassar dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, Minggu (3/5/2020).

Pemerintah Kota Makassar kini diwajibkan melaksanakan PSBB sesuai perundang-undangan dan mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

Namun, dengan kebijakan tersebut, banyak masyarakat kaum rentan yang terkena dampak itu dalam hal segi kesehatan maupun pada segi ekonomi sebagaimana yang kita ketahui aktivitas masyarakat dibatasi demi memutus mata rantai penyebaran wabah virus Corona.

Menanggapi hal itu, salah satu Organisasi Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia yaitu SOLID SC (Sociality Organization Law Independent Study Club) melakukan kegiatan open donasi sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian terhadap masyarakat yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 (CoronaVirus Disease 2019).

Open donasi yang bertajuk “Donasi Solid SC Indahnya Berbagi” tersebut, dimulai sejak Hari Senin 27 April 2020.Kegiatan Open Donasi SOLID SC ini merupakan salah satu implementasi dari jiwa sosial di bulan ramadhan, dan diharapkan bisa mengajak berbagai pihak ataupun masyarakat untuk peduli dan saling membantu sesama manusia ditengah masa-masa krisis pandemi Covid-19, terkhusus mereka yang tak berdaya dan terancam ekonominya akibat wabah Corona virus disease 2019 (COVID-19).

Ketua Umum Pengurus Sociality Organization Law Independent Study Club (SOLID SC), Annisa Nurgan Said, yang kami wawancarai via WhatsApp menjelaskan bahwa open donasi ini sebagai salah satu upaya untuk membantu dan meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Open Donasi ini adalah kami (pengurus) ingin membantu masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka karena, akibat adanya PSBB akhirnya masyarakat kurang mendapatkan penghasilan dalam dampak penanganan pandemi Covid-19 ini”, Ujar Ketua Umum SOLID SC.

“Kemudian banyak masyarakat yang mata pencahariannya tidak memiliki penghasilan tetap. Untuk itu kami ingin membantu lewat open donasi ini. Dan penyaluran donasi ini akan disalurkan dalam bentuk sembako untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari nya”, lanjutnya.

Annisa menerangkan kepada semua pihak yang ingin menyalurkan donasinya agar dapat melakukan transfer ke rekening Bank BRI atau bank Mandiri dan menghubungi kontak person yang tertera.

“Untuk pihak atau teman-teman yang mau berdonasi dapat langsung menghubungi dan mengkonfirmasikan ke kontak person melalui WhatsApp Annisa :

+62 822-9363-6494, Indah : +62 813-4181-6268, atau bisa langsung transfer ke rekening BRI : 305201020778536 A.N Nurindah Asliana dan untuk rekening bank Mandiri : 1520012374712 A.N Asniyati, “karena saling berbagi itu indah,” jelasnya.

Donasi ini, nantinya akan disalurkan berupa bantuan paket sembako, masker dan hand sanitizer kepada masyarakat kaum rentan yang terdampak wabah virus Corona.

Annisa menegaskan, pihaknya akan mendistribusikan bantuan dengan penuh amanah kepada orang-orang yang betul-betul membutuhkan bantuan.

“Kami betul-betul berperan penuh dalam memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan, oleh karena itu sebagai langkah awal kita dapat memulainya dengan membuka open donasi seperti ini,” tegas Ketua Umum itu.

Pengurus SOLID SC berharap, dengan adanya open donasi ini, semua pihak bisa bersama-sama mengulurkan tangan dalam hal membantu dan meringankan beban masyarakat kaum rentan yang terdampak pandemi Covid-19.

Laporan : Agen 009 Bagas PM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + 20 =