SPIONASE-NEWS.COM,- BULUKUMBA – Dalam rangka mengendalikan penularan Covid-19 yang semakin merebak, Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengeluarkan surat edaran terkait penutupan sementara obyek wisata di seluruh wilayah Kabupaten Bulukumba.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf

Surat Edaran penutupan dengan nomor : 198-6/1223/Dispar tersebut ditujukan kepada para pelaku usaha pariwisata. Beberapa point penekanan dalam Surat Edaran adalah menutup seluruh objek wisata dalam wilayah Kabupaten Bulukumba, baik yang dikelola oleh Pemerintah maupun pihak lainnya selama 3 (tiga) hari terhitung mulai tanggal 9 sampai dengan 11 Juli 2021.

Untuk kawasan objek wisata Titik Nol Tanjung Bira ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Bupati Muchtar Ali Yusuf menyampaikan bahwa penutupan sementara obyek wisata di Bulukumba adalah pilihan berat. Namun demi melindungi masyarakat Bulukumba dari paparan wabah Covid-19 yang terus meningkat terpaksa pemerintah daerah mengambil sikap seperti itu.

“Kita tidak ingin melihat kesulitan yang dihadapi warga karena terpapar Covid seperti yang dialami oleh saudara kita di Pulau Jawa dan Bali,” Tuturnya.

Andi Utta mengutarakan, apabila masyarakat disiplin menerapkan prokes maka diyakini masalah Covid ini mampu diatasi bersama yang pada akhirnya kita dapat melaksanakan seluruh aktivitas seperti semula.

Berikut point lengkap Surat Edaran Bupati Penutupan Sementara Obyek Wisata:

  1. Menutup seluruh objek wisata dalam wilayah Kabupaten Bulukumba, baik yang dikelola oleh Pemerintah maupun pihak lainnya selama 3 (tiga) hari terhitung mulai tanggal 9 s/d 11Juli 2021, sedangkan kawasan objek wisata Titik Nol Tanjung Bira ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
  2. Selama masa penutupan berlangsung, maka setiap pelaku usaha pariwisata wajib melakukan pembenahan dan melengkapi kembali fasilitas/sarana pendukung pelaksanaan protokol kesehatan pada tempat usaha masing- masing.
  3. Melakukan pembersihan dan penyemprotan desinfektan pada fasilitas usaha yang dikelola yang sering disentuh oleh pengunjung/publik.
  4. Menyiapkan/memasang informasi terkait penerapan protokol Covid-19 dalam bentuk papan bicara atau spanduk dan sejenisnya di tempat usaha masing-masing.

Laporan : Agen 040 Rustan R Jentak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here