SPIONASE-NEWS.COM,- ACEH – Dinas pendidikan Aceh bersama mitra kerja dunia usaha dan industri mengadakan diskusi kelompok penyusunan road map revitalisasi SMK di Aceh, (3/8) di hotel Rasamala Banda Aceh.

Kadis Pendidikan Aceh, Syaridin mengatakan bahwa Penyusunan peta jalan revitalisasi pendidikan vokasi responsif terhadap RI 4.0. dalam tahun 2018-2019, Disdik Aceh melaksanakan SMK rujukan dengan bertranformasi SMK merespon Industri 4.0. dengan langkah langkah perluasan lingkup dan pemantapan kerja sama sekolah industri, perluasan inovasi belajar, standarisasi sarpras.

Mendorong kemandirian sekolah, memperluas akses sertifikasi lulusan, memberdayakan bursa kerja khusus SMK.

Selain itu mengembangkan budaya kerja kreatif, produktif dan inovatif serta pengembangan guru berkelanjutan.
Pengembangan guru dan tenaga kependidikan dengan mengadakan pelatihan dan magang industri, rekrutmen guru inspiratif dari industri, pengembangan guru dan keahlian ganda.

Penyelarasan kurikulum juga dilaksanakan dengan pemuktahiran content knowledge yaitu kecakapan abad XXI dan tuntutan revolusi industri 4.0. Penyelarasan jenis dan kualifikasi skill dengan kebutuhan industri 4.0 dan making Indonesia 4.0.

Dinas pendidikan Aceh juga akan menata dan mengelola pengembangan kelembagaan SMK oleh pemerintah provinsi pasca UU 23/2014. Meningkatkan kapasitas kelembagaan SMK responsif industri 4.0.

Kadis pendidikan Aceh, Syaridin berharap dengan revitalisasi SMK lulusan SMK siap bekerja, berkompetisi di dunia kerja , dinamis sehingga lulusan SMK siap menghadapi persaingan kerja, serta rethingking skill kurikulum SMK perlu diorientasikan kepada kebutuhan DUDI (SKKNI yang responsif dierami industri 4.0.).

Laporan : Agen Mti (Aceh)

Editor : Agen 007 IJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − ten =