SPIONASE-NEWS.COM,– GOWA — Memasuki Rehabilitasi Semester kedua Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa kembali melakukan assesmen kepada 400 Warga Binaan Pemasyarakatan. Bersama dengan Assesor dari BNNP Kantor Wilayah Sulawesi Selatan, Rencana kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari berturut-turut, Senin (29/06/2020).

Menurut Andi Mappaewa Program Manajer Rehabilitasi Lapas Narkotika Sungguminasa mengungkapkan bahwa setelah Tahap pertama selesai akan dilanjutkan pada tahap ke dua dengan target 400 Warga Binaan selanjutnya, sehingga selama 1 tahun ini pelaksanaan rehabilitasi 800 Warga binaan dapat dilaksanakan sesuai dengan target.

“Hari ini kami mengundang Assesor dari BNNP untuk membantu pelaksanaan assesmen bersama petugas dari Lapas, dengan target hari ini yaitu 150 WBP,” Terang Andi Bambang Wahyudin sebagai Kasi Penguatan Lembaga Rehabilitasi BNNP Sulsel mengapresiasi adanya kerjasama antara BNNP dengan Lapas Narkotika Sungguminasa.

Salah satu tujuan dari kegiatan assesmen awal yaitu kita menggali informasi apa saja yang menyebabkan klien ini menyalahgunakan Narkotika.

“Dalam assesmen ada 7 domain, dari 7 domain itu kita gali informasinya baik dari pribadi yang bersangkutan, kehidupan sosialnya, kehidupan keluarganya, dari masyarakat yang terkecil ke masyarakat terbesar.

Lebih detail lagi tentang medis yang bersangkutan” Tutur BambangSelanjutnya menurutnya dari keterangan medis yang bersangkutan kita dapat menggali lagi zat apa yang digunakan, apakah narkotika dan psikotropika dan berapa lama penggunaanya.

“Sebagai akhir dari assesmen itu diharapkan petugas assesmen dapat menentukan yang bersangkutan akan dirawat inap atau rawat jalan jika secara umum. Berhubung program ini dalam Lapas artinya pada klien telah berkumpul menjadi satu nantinya programnya akan ditindaklanjuti dengan program TC atau Therapeutic Community ” Tambah Bambang.

“Yang penting bagi klien yang mengikuti program TC ini agar tidak digabung dengan yang lain atau berada pada blok tersendiri dan tidak boleh menumpuk”.

Program Rehabilitasi Narkotika Lapas Narkotika Sungguminasa pada semester kedua ini perlu ditingkatkan dengan melihat program yang telah terlaksana pada tahap sebelumnya dan bekerjasama dengan stakeholder terkait dalam memberikan program-program rehabilitasi yang bermanfaat bagi Warga Binaan.

Laporan : Agen 010 Rif/Agen 009 Bagas

Editor : Agen 008 HI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − one =