SPIONASE-NEWS.COM,- BONE – Prosesi adat Mattomppang Arajang dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Bone Ke-691 Tahun 2021 di halaman rumah jabatan Bupati Bone jalan Petta Ponggawae Watampone Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan disaksikan langsung oleh Kapolres Bone AKBP. Try Handako Wijaya Putra, S.I.K.

Peringatan hari jadi Kabupaten Bone tahun ini bertemakan “Iya Tutu Iya Upe, Iya Capa Iya Cilaka” berikut pepatah Bugis yang artinya : “Siapa Yang Berhati-Hati Maka Dia Yang Untung (Selamat), Siapa Yang Lalai Maka Dia Yang Celaka).

Prosesi adat Matomppang Arajang merupakan adat turun temurun yang dilakukan oleh raja – raja terdahulu yang dilestarikan hingga kini, dilaksanakan dalam setiap perayaan hari jadi Kabupaten Bone dari masa ke masa.

Mattompang yang artinya membersihkan dan merawat Benda Pusaka peniggalan raja – raja Bone yang saat ini tersimpan di Museum Arajange di halaman Rujab Bupati Bone.

“Proses adat Mattompang Arajang merupakan rangkaian hari jadi Kabupaten Bone, proses memberikan pembersihan benda – benda pusaka sebagai tanda menghormati leluhur kita, kegiatan Mattompang dilakukan oleh para Bissu (waria) dengan menggunakan air dari beberapa sumur yang ada di Kabupaten Bone.

Bupati Bone Dr.H.A.Fashar M Padjalangi, M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang setinggi – tingginya kepada bapak dan ibu atas kehadirannya di Bumi Arung Palakka dalam rangka perayaan hari jadi Kabupaten Bone ke-691.

Pandemi covid-19 berdampak pada semua sektor termasuk perayaan hari jadi Kabupaten Bone untuk itu tetap mengikuti protokoler kesehatan.

Prosesi Mattompang Arajang dilakukan secara terbuka atas permintaan masyarakat dari dalam maupun dari luar Kabupaten Bone.

“Kegiatan Mattompang Arajang diharapkan jadi momen agar tidak melupakan sejarah, kultur, warisan budaya orang Bone.

Mari kita bersama – sama fokus melesetarian budaya Bone, sebagai identitas bugis bahkan warisan dunia, seperti Songko to Bone sebagai produk asli Bone.

Diakhir sambutannya “atas nama pemerintah daerah Kabupaten Bone dalam pelaksanaan ini jika ada kekurangan saya mewakili dengan permohonan maaf yang sebesar – besarnya sembari melontarkan pepatah Bugis mari kita “Sipakainge, Sipakalebbi, Sipakatau” yang artinya saling mengingatkan, saling menghormati dan saling menghargai.

Kapolres Bone AKBP. Try Handako Wijaya Putra, S.I.K mengungkapkan ini adalah momen yang sangat luar biasa dapat menyaksikan seluruh rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Bone yang didalamnya terdapat banyak kekayaan adat dan budaya Bugis yang harus kita jaga dan lestarikan.

“Melalui momentum HJB ke – 691 kita tingkatkan sinergitas antara TNI – Polri dan Pemda Bone, kerjasama seluruh elemen masyarakat Bone dalam menciptakan Kabupaten Bone aman, sejahtera, makmur dan rukun dengan mengimplementasikan pepatah Bugis mari kita “Sipakainge, Sipakalebbi, Sipakatau” yang artinya saling mengingatkan, saling menghormati dan saling menghargai. “Tutur Kapolres Bone.

Dalam prosesi Mattompang Arajang hadir tamu kehormatan Andi Sudirman Sulaiman, S.T. (PLT Gubernur Sulsel bersama Nyonya Naoemi Octarina ,ST) dan Irjen. Pol. Drs. Merdisyam, M.Si. (Kapolda Sulsel bersama Ibu Shanty Merdisyam).

Hadir pula anggota DPR RI A. Rio Idris Padjalangi, ketua DPRD Prov.Sulsel, ketua DPRD Bone, Bupati Bulukumba, Bupati Pinrang ,Wakil Bupati Sinjai, Wakil Bupati Wajo, Wakil Bupati Kutai, Wakil Bupati Tanah Bumbu,Wakil Bupati Mamuju, Bupati Nunukan, Bupati Bontang, Para Forkompinda Bone, Para Tokoh Adat Bone, Para Ketua KKMB dan Dirjend Bank Sulsel.

Laporan : Agen Firman Liking 686

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here